Penyuluh Agama Islam Sosialisasikan Hari Sejuta Kiblat pada Jamaah Majelis Taklim

Seluma (Humas) - Penyuluh agama Islam kecamatan Seluma Barat sosialisasikan hari sejuta kiblat pada Jumat (24/05/2024). Kegiatan ini bertempat di Majelis Taklim Habbatul Jannah Desa Talang Perapat yang merupakan Majelis Taklim Binaan Eva Susiana, S.Sos.I sebagai Penyuluh Agama Islam Di KUA Kecamatan Seluma Barat.

Kegiatan ini dinilai penting, pasalnya Qiblat merupakan hal yang sangat krusial bagi pelaksanaan peribadatan khusyuknya sholat. Untuk itu dengan adanya sosialisasi ini pastinya sangat bermanfaat bagi pengetahuan penyuluh dalam memberikan arahan kepada masyarakat.

Penyuluh agama Islam Eva Susiana menjelaskan pentingnya/ manfaat dari edukasi arah kiblat. Yaitu untuk ke absyahan ibadah, sesuai dengan syariat Islam. Qiblat adalah simbol persatuan umat Islam  bentuk penghormatan kepada Allah SWT.

"Salah satu kewajiban dalam shalat adalah menghadap kiblat, maka itu sosialisasi ini penting untuk dilakukan agar tidak terjadinya kesalahan dalam pengukuran arah kiblat di mesjid maupun mushola atau dirumah kita," ungkap eva.

Hal ini juga dikarenakan akan adanya hari sejuta kiblat yang akan di laksanakan pada tanggal 27 mei 2024, pukul 16.18 wib, dilaksanakannya kegiatan ini karena terjadi peristiwa Istiwa a'zam yang merupakan fenomena saat di mana matahari tepat di atas Ka'bah. Sehingga pada momen itu, arah kiblat searah dengan matahari . Itu di tandai dengan bayang2 benda tegak lurus yang akan mengarah  kiblat jelas eva. (Naf/Es)


TERKAIT

Berita LAINNYA