Penyuluh Agama Islam KUA Kecamatan Sukaraja Koordinasi dan Survei Ke Lapangan untuk Kegiatan Hari Sejuta Kiblat

Seluma (Humas),- Menindak lanjuti  himbauan dari Kemenag RI tentang Hari Sejuta Kiblat Penyuluh Agama Islam Kecamatan Sukaraja Dra. Halimah dan Marlin langsung survei lapangan, tepatnya  di Desa Bukit Peninjauan  II Masjid Miftahussalam pada hari ini Rabu, 22 Mei 2024..

Kedatangan mereka berdua di terima langsung oleh pengurus Masjid Miftahussalam.

Pengurus Masjid Miftahussalam sangat senang dan berterima kasih karena diajak ikut serta dalam kegiatan hari sejuta kiblat ini.

Kepala KUA Kecamatan Sukaraja H. D. Hamdan Fauzi, S.Sos.I,mengatakan benar Penyuluh Agama Islam Kecamatan  Sukaraja Dra.Halimah dan Marlin koordinasi dan survey Masjid yang akan diadakan kegiatan hari  sejuta kiblat (pengukuran arah kiblat secara serentak.). Kegiatan tersebut akan dilaksanakan serentak seluruh Indonesia  pada hari Senin,27 Mei 2024 pukul 16:18 Wib/17:18 Wita.Kegiatan tersebut bukan hanya dilakukan di masjid saja tapi bisa juga dilakukan di rumah atau tempat kerja masing-masing.Disebut Hari Sejuta Kiblat  karena dalam proses pengukuran arah kiblat melibatkan jutaan umat Islam di seluruh Indonesia.

Berikut cara cek arah kiblat di tempat masing-masing:

1.Cari lokasi yang rata dan terkena sinar matahari pada 27 Mei 2024 pukul    16:18Wib/17:18 Wita, jam harus sesuai waktu BMKG.

2. Tunggu hingga waktu istiwa a’zam tiba,lalu perhatikan bayangan  pada  bendategak lurus di rumah seperti jendela.

3. Tandai menyesuaikan  garis bayangan benda lurus tadi dengan menggunakan lakban secukupnya,lalu ditandai dengan tulisan kiblat.

4. Garis lurus yang menghadap matahari merupakan arah kiblat pada lokasi tersebut. (Naf/Yul)


TERKAIT

Berita LAINNYA