PAI KUA Kecamatan Ilir Talo Bersama Pengurus Masjid At-Taqwa Desa Penago 2 Melaksanakan Pengukuran Kiblat

Seluma (Humas) -  Sebagaimana diketahui bersama bahwa kemarin Senin 27 Mei 2024 tepat pada pukul 16:18 WIB adalah sebuah peristiwa Istiwa Azam yakni fenomena dimana matahari melintas tepat di atas Ka’bah. Hal inilah kemudian dapat kita jadikan panduan untuk menentukan apakah arah kiblat kita sudah benar atau masih belum.

Dengan memanfaatkan momentum ini PAI KUA Kecamatan Ilir Talo Ludin Efendi, S.Sos.I bersama Pengurus Masjid At-Taqwa Desa Penago 2 melakukan pengukuran dengan memanfaatkan bayang benda yang ada. Adapaun benda yang dibuat adalah berupa tiang lurus sepanjang 2 meter serta papan lurus sebagai penanda arah bayang dari sinar matahari. Hasil dari pengamtan itu meski cuaca sedikit mendung namun bayang tiang cukup tampak, maka Imam masjid At-Taqwa mengatakan ada pergeseran sedikit arah kiblat untuk masjid kami. Langkah yang akan kami lakukan adalah mengeser sedikit arah sajadah sehingga pas dengan mengikuti bayang ini, tutur Kusman Efendi. Sebagai PAI Ludin menyambung dari diskusi itu bahwa peristiwa ini memang dapat kita jadikan patokkan kembali melihat arah kiblat masjid, kantor atau rumah masing-masing, mengenai pergeseran sedikit arah ini tinggal pengurus masjid terangkan dengan jama’ah bahwa berdasarkan pemanfaatan Rashdul Kiblat terjadi pergeseran sedikti, hal ini dilakukan agar jama’ah masjid At-Taqwa tidak gagal faham, unggkap Ludin.

Meski ditengah kesibukkan melalui Imam Masjid Kusman Efendi, menyampaikan ucapakan terima kasih kepada KUA yang telah mengutus Penyuluh Agama untuk memberikan informasi dan tutoterial melaksanakan Rashdul Kiblat ini. semoga bila ada waktu yang bertepan seperti ini kedepan kami bisa sampaikan kepada mayarakat luas khususnya di Desa Penago 2. Kegiatan Istiwa Azam ini berkahir pada pukul 17:00 WIB yang ditandai foto bersama PAI Ludin, Imam Masjid dan Khotib Masjid At-Taqwa Desa Penago 2.(Naf/Ldn)


TERKAIT

Berita LAINNYA