PAI KUA Kecamatan Air Periukan Sampaikan Khutbah Jum'at tentang Musibah Adalah Ujian Hidup

Seluma (Humas)- Penyuluh Agama Islam Fungsional Kantor Urusan Agama Kecamatan Air Periukan M. Wahid Syafiuddin sampaikan khotbah Jumat (24/5), dengan mengangkat tema "Hakikat musibah adalah ujian hidup" . Khutbah Jumat tersebut disampaikan di Masjid An-Nur, Desa patok 90, Kelurahan Riak Siabun.

M Wahid Syafiuddin, dalam menyampaikan khotbah, berdasar pada dua dalil naqli,yakni nash Al-Qur'an dan hadist. 

Pertama, surat at-taubah ayat 51, yang artinya adalah "katakanlah tidaklah kami berikan musibah kecuali telah kami tulis dan tentukan takdirnya." Dari ayat ini para ulama tafsir, melihat bahwa apabila musibah dilihat dari perspektif Tauhid dan Aqidah, maka musibah sesungguhnya adalah ketetapan Allah SWT. Maka tugas kita bersama apabila mendapatkan musibah apapun bentuknya maka kewajiban kita adalah bersabar dan berusaha memperbaiki setiap kesalahan dengan senantiasa bertawakal kepada Allah SWT.

Kedua, hadis Nabi Muhammad Saw.,  yang artinya : "Wahai Rasul? Siapakah manusia yang ujiannya paling berat?". "Lalu Rasul menjawab mereka adalah para nabi kemudian para penerus nabi dan orang-orang soleh." Maka manusia akan diuji sesuai dengan kadar keimanan mereka."
Dari hadis ini, sesungguhnya musibah adalah prosedur yang Allah SWT, ciptakan dalam rangka menaikkan derajat dan level keimanan manusia, apabila ia sabar ikhlas dan tabah dalam menerima musibah atau cobaan hidup.

Oleh karena itu, menyikapi musibah bencana alam yang terjadi di Sumatera Barat, musibah yang terjadi di Kalimantan dan di berbagai belahan daerah di Indonesia maka tugas kita sebagai seorang muslim yang baik adalah membantunya. Bantuan tersebut bisa berupa materiil dan spiritual. Dan paling minimal bantuan yang kita berikan adalah dengan mendoakan. (tutup M. Wahid Syafiuddin).

Kepala KUA Kecamatan Air Periukan, Harun, menegaskan bahwa memang diantara tugas penyuluh agama adalah memberikan edukasi kepada masyarakat, termasuk yang dilakukan oleh saudara M. Wahid Syafiuddin, dengan menyampaikan penyuluhan kepada masyarakat melalui Khutbah Jum'at. (Eka/MWS)


TERKAIT

Berita LAINNYA