Kepahiang MTsN 01 (HUMAS) --- Madrasah Tsanawiyah Negeri 01 Kepahiang terima visit Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) oleh tim instruktur visitasi madrasah Provinsi Bengkulu hari ini selasa (14/11) sebagai bentuk pendampingan dalam membaca serta menelaah hasil dari raport AKMI yang selanjutnya akan dilakukan rencana tindak lanjut.
Efzuarni, S.Ag, M.Pd sebagai tim instruktur visitasi madrasah Provinsi Bengkulu yang ditugas melakukan visit ke MTsN 01 Kepahiang dan diterima langsung oleh Kepala Madrasah Efrizal Firdaus S.Pd.I, M.Pd bertempat di ruang aula Madrasah, sekaligus melakukan visitasi dan sekaligus mengecek kelengkapan serta kesiapan MTsN 01 Kepahiang dalam melaksanakan AKMI yang juga turut dihadiri oleh dewan guru dan staf madrasah.
Kepala Madrasah dalam sambutannya menyampaikan terimakasih atas kehadiran instruktur visitasi dan juga sangat menyambut baik kegiatan visitasi ini karena dapat berdiskusi dan menyampaikan secara langsung mengenai hal-hal terkait kegiatan AKMI di MTsN 01 Kepahiang dan juga Kamad berpesan kepada seluruh dewan guru untuk dapat mengikuti dengan seksama kegiatan ini.
Dilanjutkan oleh Efzuarni, S.Ag, M.Pd selaku instruktur menyampaikan beberapa hal terkait dengan AKMI bahwa setiap madrasah harus mengikuti dan mempersiapkan kegiatan AKMI ini dengan baik karena kegiatan AKMI merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Agama untuk mengukur kompetensi madrasah terkait 4 komponen AKMI yaitu. 1.Literasi Membaca 2.Literasi Numerasi 3.Literasi Sains 4.Literasi Sosial dan Budaya.
Sebagai madrasah pelaksana AKMI maka MTsN 01 Kepahiang disampaikan bahwa diperlukan pendampingan dalam hal membaca serta dan menelaah hasil AKMI dimana untuk jenjang MTs berada pada Fase D dan berada pada CK 3 – CK 7 maka dari itu tugas instruktur untuk mendampingi madrasah dibawah bimbingan untuk membaca dan merencanakan tindak lanjut AKMI sesuai dengan nilai Raport AKMI yang diterima oleh MTsN 01 Kepahiang.
Diakhir penyampaiannya Efzuarni, S.Ag, M.Pd bahwa kegiatan AKMI ini akan dilaksanakan secara kontinu untuk meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah melalui peningkatan 4 komponen literasi nyang dilatar belakangi oleh Angka Literasi Indonesia berdasarkan PISA (Programme For Internasional Student Assesment)
(Toher Aziz)