Jelang Hari Raya Idul Adha, Penyuluh Agama Berikan Kajian Hikmah Berkurban

Seluma (Humas) - Sebagai umat muslim yang terbesar di Indonesia tentu Berkurban bukan hal yang tabu untuk dibicarakan. Berkurban merupakan perintah yang jelas terdapat di dalam Al-quran.nPada Jum'at 24/24 penyuluh agama kecamatan Seluma Simpurman S.Ag, menyampaikan Tausyiahnya di Majelis Ta'lim Binaannya yang bertema"Hikmah berkurban",di Kelurahan Napal.

Ada 3 Hikmah Berkurban diantaranya; Pertama, untuk bersyukur kepada Allah atas berbagai nikmat yang telah Dia berikan kepada kita. Di antara bentuk bersyukur kepada Allah adalah mengikuti perintah-Nya dengan cara berkurban di hari Idul Adha.

Perintah untuk berkurban ini sebagaimana difirmankan oleh Allah dalam surah Al-Kautsar berikut:

Sungguh, Kami telah memberimu (Muhammad) nikmat yang banyak. Maka laksanakanlah shalat karena Tuhanmu, dan berkurbanlah (sebagai ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah). Sungguh, orang-orang yang membencimu dialah yang terputus (dari rahmat Allah).

Kedua, untuk menghidupkan ajaran atau sunnah Nabi Ibrahim. Sebagaimana kita ketahui bahwa Nabi Ibrahim pernah diperintahkan untuk menyembelih putranya, Nabi Ismail. Menerima perintah tersebut, Nabi Ibrahim dengan sabar hendak melaksanakan perintah tersebut. Namun perintah tersebut akhirnya dibatalkan oleh Allah dan sebagai gantinya Nabi Ibrahim diperintah untuk menyembelih kambing di hari Idul Adha.

Ketiga, menyembelih hewan kurban termasuk bagian dari perantara untuk melapangkan rezeki kepada diri sendiri, keluarga, tetangga, teman dan orang fakir miskin di hari Idul Adha.(Naf/fjs).


TERKAIT

Berita LAINNYA