SELEKSI BEASISWA SANTRI BERPRESTASI

Bengkulu (Hukmas) - Bidang Pekapontren Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu melaksanakan seleksi tahap kedua Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) untuk tahun 2011 dengan ujian tertulis. Pelaksanaan seleksi ini dilakukan pada hari Rabu (04/05/2011) bertempat di Aula Bidadari Hotel Pantai Panjang Kota Bengkulu. Kegiatan seleksi beasiswa santri tahap pertama telah dilaksanakan dimulai dengan pendaftaran dari tanggal 1 April s/d 23 April 2011 yang disosialisasikan juga oleh Ditpdpontren melalui website www.ditpdpontren.com agar diketahui masyarakat secara luas.

Adapun kriteria Seleksi tahap administrasi bagi santri yaitu berstatus sebagai santri aktif-mukim sekurang-kurangnya 3 tahun, umur tidak lebih dari 20 tahun (terhitung 1 Juni 2011) sedangkan pendidikan kesetaraan Paket C tidak lebih dari 22 tahun, saat mendaftar masih tercatat sebagai siswa/i tingkat akhir Madrasah Aliyah atau telah lulus dari Pendidikan diniyah tingkat ula/paket C, rangking 10 besar dan nilai rata-rata minimal 7 untuk MA dari semester 1 sampai 5 dan Paket C rangking 10 besar berturut-turut selama 6 semester, diajukan oleh pimpinan Pontren santri yang bersangkutan, sehat jasmani dan rohani dan tidak mengidap penyakit yang dapat menggangu proses belajar dinyatakan dengan surat keterangan dokter, wajib mengabdi di Pondok Pesantren selama 3 tahun setelah menyelesaikan studi, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama studi. Seleksi tahap kedua merupakan ujian yang bersifat nasional guna mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke Perguruan Tinggi (UPI Bandung, UIN Jakarta, UNAIR, UGM, IAIN Sunan Ampel, IAIN Sunan Kalijaga, IAIN Walisongo, ITS Surabaya, IPB).

Seleksi tahap kedua berupa ujian tertulis diikuti oleh 29 orang santri dari 31 santri yang telah lulus seleksi tahap pertama yang berasal dari berbagai pesantren yang ada di Provinsi Bengkulu. 2 orang peserta tidak hadir yang menurut ketua panitia Drs. Safwan Karim saat dihubungi kedua peserta tersebut berhalangan hadir dikarenakan sakit. Pelaksanaan ujian tertulis diawasi oleh Tim Pengawas utusan dari pusat Drs. Soeharto Mangkusudarmo, M.Hum (UGM), Drs. Anas Darwis (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta), Syarfullah, SE, M.Pd (Dit. Pontren) yang tiba Selasa (3 Mei 2011) kemarin dengan membawa langsung soal ujian tes dari pusat. Menurut Syarfullah dari DitPontren Kemenag RI “ujian tertulis ini disesuaikan dengan jurusan pendidikan santri dan perguruan tinggi yang dipilih dengan mata ujian Skolastik, Akademik, Bahasa Inggris, Bahasa Arab dan Kepesantrenan. Seleksi PBSB ini diadakan serentak pada tanggal 4 Mei 2011 se-Indonesia dengan lokasi seleksi yang telah ditetapkan pada 29 lokasi Kanwil Kementerian Agama Provinsi yang ditunjuk.”

Bagikan :