Orientasi Pemahaman Gender Bagi Remaja

Bengkulu (Humas) -- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu H. Taufiqurrahman, SH, MAP membuka “Orientasi pemahaman gender bagi remaja dengan mewujudkan perilaku sehat dalam pergaulan” di Hotel Dianti Senin, (29/11/2010) Pukul 08.15. Orientasi satu hari ini diikuti oleh 30 orang peserta yang terdiri dari pengurus OSIS Madrasah Aliyah dan Sekolah Menengah Atas se-Provinsi Bengkulu.

“Perbedaan peranan antara laki-laki dan perempuan disebut gender, baik itu sebagai tugas dan fungsi dalam keluarga maupun dalam kehidupan sosial kemasyarakatan” Ujar Kakanwil dalam sambutannya.

“Saat ini masih sering dijumpai sebagian orang di tengah-tengah masyarakat yang tidak memahami apa itu gender, bahkan masih ada yang bias gender, hanya memihak kepada satu jenis gender tertentu, dan bahkan bukannya tugas seorang perempuan tetapi dilaksanakan oleh perempuan, contoh kerjanya adalah perempuan sebagai pemecah batu di pegunungan, yang mana pemecah batu merupakan tugas seorang laki-laki” papar Kakanwil.

Dalam akhir sambutannya Kakanwil berharap setelah mengikuti orientasi ini peserta dapat memahami tentang gender dan pengaplikasiannya dalam pergaulan remaja, dan menjauhi paham bias gender, yaitu pemahaman yang  hanya memihak kepada satu gender tertentu”.

Bagikan :