Lost Generation

Lost Generation

Bengkulu (Hukmas) - Direktorat Urais dan Pembinaan Syariah bekerjasama dengan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu mengadakan Temu Konsultasi Pemberdayaan Kemakmuran Masjid yang dilaksanakan di Hotel Raffles City Pantai Panjang Bengkulu (1 s/d 3 Nopember 2011). Temu Konsultasi ini diikuti oleh pengurus masjid yang mewakili 9 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Menurut Laporan Ketua Panitia Pelaksana H. Anwar, MA masjid yang ada di Indonesia sekarang ini berjumlah lebih kurang 700.000 masjid. Hanya saja Pengelolaan dan manajemennya berbeda, belum ada kesamaan. Dengan temu konsultasi ini diharapkan wawasan dan bekal pengetahuan Takmir Masjid bertambah sehingga dapat mengelola masjid seperti zaman Rasulullah serta Terciptanya tenaga terampil yang dapat meningkatkan fungsi masjid yang bukan hanya sekedar tempat ibadah saja tetapi juga tempat pembinaan dan pendidikan para generasi penerus. Takmir Masjid juga diharapakan dapat memakmurkan masjid dan jemaahnya. Menurut laporan ketua panitia bahwa ada masjid yang dapat menghasilkan pemasukan sebesar Rp. 3,8 Miliar pertahun yaitu Masjid Agung Jawa Tengah.

Dalam sambutannya Pgs. Kepala Kanwil Menyampaikan bahwa selain untuk tempat ibadah masjid juga berfugsi sebagai pusat pengembangan masyarakat, pusat pembinaan dan persatuan umat. Sehingga diperlukan langkah strategis yang dapat memakmurkan masjid seperti mengembangkan pola idarah, imarah dan riayah, mengembangkan dakwah dan pendidikan, kesehatan masyarakat, meningkatkan ekonomi jamaah, memilih masjid percontohan dan pembinaan dewan masjid dan generasi penerusnya.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah KH. Ahmad Jauhari, M.Sc mengatakan bahwa ada persoalan serius harus kita sikapi, jika hal ini dibiarkan akan menyebakan terjadinya Lost Generation (Hilangnya Generasi Penerus), gencarnya siaran televisi yang menayangkan acara hiburan dan informasi yang membuat anak betah duduk lama di depan TV, sehingga kemauan mereka untuk ke masjid berkurang. Hal ini bisa membuat mereka hampa dari ajaran agama. Untuk itu perlu kontrol dari orang tua, ketegasan dan bimbingan. Orang tua juga harus memberikan teladan kepada anaknya, mereka harus melakukan terlebih dahulu apa yang diperintahkan kepada anaknya.

Bagikan :