Bengkulu Hilal Tak Tampak

Bengkulu Hilal Tak Tampak

Bengkulu (Humas) - Tim Pemantau Rukyatul Hilal yang diketuai oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu H. Taufiqurrahman, SH, MAP, Minggu (31/7/2011) kemarin memantau rukyatul hilal di Hotel Horison Pantai Panjang Bengkulu dengan menggunakan teropong bintang dan teropong theodolite.

Pemantauan rukyatul hilal kemarin turut dihadiri oleh Ketua MUI Provinsi Bengkulu Prof. Dr. H. Rohimin, M.Ag, Ketua STAIN Bengkulu Dr. H. Sirajuddin M, M.Ag, dan Ketua STAIN Curup Dr. Budi Kisworo, M.Ag, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Bengkulu diwakili oleh Wakil Ketua PTA Drs. H. Sudirman Arief, Ketua Pengadilan Agama Bengkulu Sulhan, SH, M.Hum Kepala Biro Kesra PP Drs. Kurnadi Sahap, M.Si, Kepala Kankemenag Kota Bengkulu Drs. H. Zainal Abidin, MH, Kepala-Kepala KUA se-Kota Bengkulu, Ketua Dharmawanita Kanwil Kemenag Prov. Bengkulu Hj. Aswita Taufiqurrahman, Ormas Islam, dan segenap pejabat Eselon III dan IV serta staf di Lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu.

Namun cukup disayangkan, dikarenakan gumpalan awan dan kabut pada posisi hilal, hilal tidak tampak pada waktu pengamatan yang dilaksanakan tepat pada pukul 18 lewat 15 menit 29 detik tersebut, dengan posisi hilal pada sudut 12 derajat dari arah barat ke utara selama 20 menit 53,7 detik dengan ketinggian 11 meter dari permukaan laut.

Pengamatan hilal serentak dilaksanakan di 38 Provinsi se-Indonesia, dari 38 tempat pengamatan tersebut hilal terlihat di 3 lokasi, yaitu di Makassar Sulawesi Selatan, Gresik Jawa Timur, dan Bangkalan Madura. Dari penampakan hilal di tiga lokasi tersebut dapat diputuskan, bahwa 1 Ramadhan jatuh pada hari Senin, 1 Agustus 2011.(js)

Bagikan :