Giatkan Pendalaman Kitab Kuning

Giatkan Pendalaman Kitab Kuning

Dalam rangka menggali dan mengkaji ilmu-ilmu keislaman dari sumber aslinya, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Bengkulu melakukan kegiatan orientasi tehnik membaca dan memahami kitab kuning. Kegiatan tersebut dilaksanakan dengan dua tahap. Tahap pertama kegiatan tersebut dilaksanakan di hotel Bumi Endah Kota Bengkulu pada tanggal 14 Oktober s/d 16 Oktober 2010 yang dibuka langsung oleh Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu H. Taufiqurrahman, SH, M.AP dengan tema “Melalui Pelaksanaan Tahkiqul Kutub, Kita Kembangkan Wawasan dan Metode Kajian Kitab di Pondok Pesantren se-Provinsi Bengkulu”

Tahap kedua dilaksanakan dari tanggal 18 Oktober s/d 20 Oktober 2010 bertempat di Hotel Bumi Endah Kota Bengkulu. Pada tahap kedua ini dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pekapontren Drs. H. Tasri, MA dengan tema “Melalui Pelatihan Teknis Membaca Kitab Alyaumiah, Kita Tingkatkan Kajian dan Pemahaman Masalah-masalah Kekinian”

Dalam Sambutannya Kepala ├é┬áKantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bengkulu H. Taufiqurrahman, SH, M.AP mengatakan “Jangan lalai dan terpengaruh dengan terjemahan-terjemahan kitab kuning, sehingga menjadi lengah dan tidak lagi merujuk kepada kitab kuning dalam bahasa aslinya”

Kakanwil berharap dalam kegiatan tersebut kepada para pimpinan pondok pesantren agar dapat merumuskan metode cepat dalam membaca dan memahami kitab-kitab kuning.

Bagikan :