Tingkatkan Kesehatan Anak Usia Produktif, Pembina UKS MAN 2 Kepahiang Ikut Sosialisasi

Tingkatkan Kesehatan Anak Usia Produktif, Pembina UKS MAN 2 Kepahiang Ikut Sosialisasi

Kepahiang (Humas) – Kegiatan sosialisasi pelayanan kesehatan anak usia pendidikan dasar sesuai standar yang diikuti oleh pembina UKS dan perwakilan Puskesmas dan Instansi  di Kab. Kepahiang dan berlangsung Aula Hotel Umro Kelurahan Pasar Ujung, Senin 23/5.

Pembina UKS MAN 2 Kepahiang Teni Hidayati, S.Pd.I mengatakan bahwa kegiatan sosialisasi yang diprakarsai oleh Dinas Kesehatan Kab. Kepahiang adalah untuk pelayanan kesehatan dan  penjaringan kesehatan anak usia produktif, agar anak-anak sehat tanpa kendala dalam menempuh pendidkan.

Tajri Fauzan, M.Si selaku widwassuara menyampaikan bahwa pelayanan anak usia produktif sangat dibutuhkan, karena akan menunjang keberhasilan siswa dalam pendidikan. “Pelayanan kesehatan berupa pemberian pil tambah darah, pendataan tentang kesehatan melalui pengecekan gula darah, kolesterol, dan darah tinggi. Harus ada MOU dan hasil penjaringan dari Tim Puskesmas harus ada laporan ke sekolah,” urai Fauzan.

Kabid Kesehatan Dinkes Kab. Kepahiang Ria Rahmatullah menyampaikan bahwa tentang sertifikasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), standar pelayanan nsional (SPN). Permenkes no. 4 tentang barang dan jasa, yaitu tentang penjaringan/ buku raport kesehatan. Formulir screning kesehatan, yaitu penjaringan satu kali dan berkala 2 dalam setahun.

“Semoga dengan sosialisasi pelayanan kesehatan anak usia pendidikan dasar dan sesuai standar akan memberikan kontribusi bagi pembina UKS dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada siswa. Juga akan mengedukasi para siswa dalam menjaga kesehatan, serta deteksi sejak dini jika siswa ada keluhan,” demikian Teni. Erna

Bagikan :