Luncurkan Program KUA Percontohan Ekonomi Umat, Tim Kemenag Benteng Lakukan Verifikasi Lapangan

Luncurkan Program KUA Percontohan Ekonomi Umat, Tim Kemenag Benteng Lakukan Verifikasi Lapangan

Bengkulu Tengah (Humas) – Kantor Kementerian Agama Kab. Bengkulu Tengah melalui Seksi Bimas Islam menerjunkan Tim untuk melakukan verifikasi lapangan calon penerima bantuan pemberdayaan ekonomi umat di Kecamatan Pondok Kelapa, Jum’at (20/05).

Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Umat merupakan program dari KUA Percontohan Ekonomi Umat. Sebelumnya, Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Pondok Kelapa terpilih sebagai salah satu dari 11 KUA Percontohan Program Pemberdayaan Ekonomi Umat se-Indonesia.

Program KUA Percontohan Ekonomi Umat adalah program Kementerian Agama dalam rangka pengentasan kemiskinan dan peningkatan layanan zakat dan wakaf di KUA Kecamatan. Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat atau UMKM yang terdampak Covid-19 agar segera bangkit dalam memajukan usahanya.

Agar bantuan pemberdayaan ekonomi umat tepat sasaran, Tim Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah bersama jajaran KUA Kec. Pondok Kelapa melakukan verifikasi lapangan yang di pimpin Kasi Bimas Islam Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah DR. Rusman Saleh, M.Pd.

Adapun kriteria calon penerima bantuan program pemberdayaan ekonomi umat ialah yang sesuai dengan 4 golongan keluarga wiraswasta bermukim di wilayah Kecamatan Pondok Kelapa sesuai Juknis dan Juklak yaitu calon pengantin atau keluarga muda, keluarga terdampak Covid-19 (di PHK karena dampak Covid), keluarga kelompok binaan Penyuluh atau dhuafa yang memiliki usaha ekonomi dan tidak menerima bantuan dana sejenis dari lembaga lainnya.

“Ada beberapa keluarga yang telah kita data dan verifikasi. Dari hasil verifikasi inilah nantinya akan ditetapkan 10 penerima bantuan Pemberdayaan Ekonomi Umat,” jelas DR. Rusman Saleh, M.Pd selaku Kasi Bimas Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah ketika di temui di lapangan.

 

Bagikan :