Launching Piloting Pusaka Sakinah, Ka. Kemenag : KUA Harus Menjadi Poros Ketahanan Keluarga

Launching Piloting Pusaka Sakinah, Ka. Kemenag : KUA Harus Menjadi Poros Ketahanan Keluarga

Kepahiang (Humas) --- Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang melalui KUA Kecamatan Kabawetan, melaunching program Pusat Layanan Keluarga Sakinah (Pusaka Sakinah), kegiatan di laksanakan di aula Kantor KUA Kec. Kabawetan, Kamis (19/05).

Program tersebut dalam rangka merespon program Kementerian Agama Republik Indonesia, yang menjadi salah satu cara untuk menekan angka perceraian.

Launching piloting program tersebut diresmikan langsung oleh Kepala Kantor H. Lukman, S.Ag.,M.H., didampingi Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, M. Ridwan, M.Ag dan Kepala KUA Kabawetan, Harlen Devis Munandar,S.Sos.I  serta dihadiri oleh Unsur Forkopimcam, yang terdiri ; Camat Kabawetan, Kapolsek Kabawetan, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat.

Dalam sambutannya, Kepala KUA Kecamatan Kabawetan,Harlen Devis , mengemukakan bahwa, sebelum dilakukan launching pun, Pusaka Sakinah sebenarnya sudah berjalan di KUA yang dipimpinnya itu, karena hal tersebut pada hakekatnya merupakan perwujudan pelaksanaan tugas dan fungsi KUA dalam hal bimbingan dan pelayanan nikah.

"Dalam Pusaka Sakinah, ada 4 program unggulan, antara lain : Aman (Administrasi Menejemen KUA), (Berkah Belajar Rahasia Nikah), Kompak (Konseling Mediasi, Pendampingan dan Advokasi), serta Lestari (Layanan Bersama Ketahanan Keluarga Republik Indonesia)," jelasnya.

Sementara itu, H. Lukman dalam arahannya berharap dukungan dari seluruh stakeholder terkait guna mensukseskan program Pusaka Sakinah ini, guna meningkatkan ketahanan keluarga dan KUA harus menjadi poros ketahanan keluarga selain juga melaksanakan pelayanan kepenghuluan dan fungsi lainnya.

“Kita akan melakukan program yang responsif menjawab kebutuhan masyarakat dan menjawab problem masa kini, dan kita ingin layanan KUA harus bertransformasi ke arah perbaikan,”tukasnya.

Dilanjutkannya, hal ini tentunya menjadi perhatian kita bersama, khususnya Kementerian Agama, yang terus concern untuk mewujudkan ketahanan keluarga guna menekan angka perceraian, salah satunya melalui program Pusaka Sakinah ini.

 "Kami melalui Seksi Bimas Islam akan terus berupaya mendampingi dan mengawal agar pelaksanaan program ini dapat berlanjut secara berkesinambungan. Sehingga diharapkan nantinya dari keluarga-keluarga sakinah yang tercipta melalui program ini, dapat memberikan warna baru bagi kemajuan Kab. Kepahiang yang kita cintai ini." harapnya. 

Bagikan :