Hari Keberangkatan Haji Makin Dekat, CJH Antusias Mengambil Koper dan Tas

Hari Keberangkatan Haji Makin Dekat, CJH Antusias Mengambil Koper dan Tas

Rejang Lebong (Humas) --- Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kabupaten Rejang Lebong tahun keberangkatan 2022 mengambil koper dan tas keperluan pemberangkatan haji di Kantor Kemenag. Rabu (18/05).

Selain mengambil koper dan tas, CJH juga melakukan konfirmasi tanda bukti setoran pelunasan lunas tunda biaya haji tahun 2022. Diketahui bahwa sebelumnya, CJH telah melakukan pelunasan biaya haji dengan total RP  33.172.602,00 dan selanjutnya di tahun 2022 terjadi kenaikan biaya menjadi Rp 37.411.480,00.

Kenaikan biaya tersebut pun dilunasi melalui nilai manfaat keuangan haji yang dikelola oleh Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) untuk selanjutnya butuh dikonfirmasi ulang oleh calon jemaah haji. Sejumlah 106 Calon Jemaah Haji asal Rejang Lebong telah terkonfirmasi lunas dengan rincian 16 orang di Bank Muamalat dan 90 orang di Bank Syariah Indonesia.

Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kankemenag Rejang Lebong, M. Aditiawarman Budi, S.Ag., MH., menyebut bahwa kegiatan pembagian tas koper berjalan lancar, setelah di hari sebelumnya (17/05) koper dan tas dijemput dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.

“Jemaah haji menunjukkan rasa antusiasme yang tinggi, serta rasa bahagia dan haru ketika mengambil tas dan koper ini. Kami pun turut merasa bahagia, karena hari yang ditunggu jemaah datang juga. Ke depan, Seksi PHU akan terus bekerja dalam rangkain kegiatan jelang pemberangkatan jemaah,” ujar Adit.

Adapun kegiatan yang akan dilaksanakan ke depan meliputi Rapat Pemberangkatan bersama Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, khusunya Bidang Kesejahteraan Rakyat, Tes kebugaran Calon Jemaah, Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji tingkat Kabupaten oleh Kankemenag Rejang Lebong, Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji tingkat Kecamatan, Pelaksanaan Bimbingan Manasik Haji dari Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong, dan ditutup dengan pemberangkatan jemaah.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Rejang Lebong, Dr. H. Nopian Gustari, S.Pd.I., M.Pd.I., yang turut menyerahkan koper dan tas kepada calon jemaah haji menyampaikan harapannya untuk pelaksanaan pemberangkatan haji tahun ini.

“Semoga semua proses menuju pemberangkatan hingga akhir nanti berjalan dengan baik dan mendapat berkah dari Allah SWT. Semoga jemaah haji dapat menjalankan aktivitas ibadah semaksimal mungkin , kembali dengan selamat, jadi haji mabrur dan mabrurah,” tutup Nopian.

 

(Penulis: Lyanda)

 

Bagikan :