KUA Kec. Pondok Kelapa Salurkan Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Umat

KUA Kec. Pondok Kelapa Salurkan Bantuan Pemberdayaan Ekonomi Umat

Bengkulu Tengah (Humas) – Kantor Urusan Agama (KUA) Kec. Pondok Kelapa yang menjadi Piloting Revitalisasi KUA dan juga menjadi KUA Percontohan Ekonomi Umat menyalurkan program dari Ditjen Bimas Islam melalui Direktorat Pemberdayaan Zakat dan Wakaf kepada masyarakat Kec. Pondok Kelapa.

Adapun program dari KUA Percontohan Ekonomi Umat tersebut ialah pemberian bantuan pemberdayaan umat. Program KUA Percontohan Ekonomi Umat bertujuan menjadikan KUA Kecamatan sebagai etalase Kementerian Agama di bidang pemberdayaan ekonomi umat.

Agar penyaluran bantuan pemberdayaan ekonomi umat berjalan lancar, Selasa (10/05) Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bengkulu Tengah H. Sipuan, S.Ag.,MM mengunjungi KUA Kec. Pondok Kelapa guna memonitoring persiapan penyaluran sekaligus memberi arahan agar program tersebut berjalan lancar dan sukses.

Di damping Kepala Seksi Bimas Islam DR. Rusman Saleh, M.Pd, kedatangan Kakan Kemenag Kab. Bengkulu Tengah di sambut langsung oleh Kepala KUA Kec. Pondok Kelapa Imam Setiawan, M.HI berserta jajaran KUA Kec. Pondok Kelapa. Pada kesempatan tersebut, Kakan Kemenag Kab. Bengkulu Tengah H. Sipuan, S.Ag.,MM mengatakan bahwa jika saat ini KUA Kec. Pondok Kelapa di pilih sebagai Piloting Revitalisasi KUA dan KUA Percontohan Ekonomi Umat menjadi sebuah kebanggaan ataupun prestasi tersendiri bagi Kemenag Kab. Bengkulu Tengah

Sebab, H. Sipuan menjelaskan. Bahwa hanya ada dua KUA Kecamatan se-Provinsi Bengkulu yang terpilih sebagai Piloting Revitalisasi KUA dan KUA Percontohan Ekonomi Umat yaitu KUA Kec. Arga Makmur Kab. Bengkulu Utara dan KUA Kec. Pondok Kelapa Kab. Bengkulu Tengah. “Jadi ini sebuah prestasi dan amanah bagi kita. Karena, KUA Kec. Pondok Kelapa di pilih sebagai Piloting Revitalisasi KUA,” jelas H. Sipuan

Untuk itu, selaku Kakan Kemenag Kab. Bengkulu Tengah. H. Sipuan meminta kepada seluruh jajaran KUA Kec. Pondok Kelapa untuk bekerja dengan baik dan mensukseskan seluruh program-program Revitalisasi KUA dan KUA Percontohan Ekonomi Umat. “Revitalisasi KUA dan KUA Percontohan Ekonomi Umat ini salah satu program yang di gaungkan oleh Menag RI Yaqut Cholil Qoumas. Jadi, saya pinta kepada bapak-ibu terutama Kepala KUA Kec. Pondok Kelapa agar mensukseskan program besar Menteri Agama ini,” pinta beliau.

Dengan adanya Program KUA Percontohan Ekonomi Umat ini. Sekarang KUA Kecamatan tidak hanya mengurus urusan pernikahan saja akan tetapi juga melaksanakan program Pemberdayaan Ekonomi Umat Berbasis Keluarga. Di jelaskan H. Sipuan, berdasarkan amanat PMA No. 34 Tahun 2016 posisi KUA memiliki akses langsung kepada masyarakat menjadi nilai tambah untuk meningkatkan literasi masyarakat tentang zakat dan wakaf serta memiliki potensi pengembangan ekonomi umat di sekitar wilayah KUA tersebut.

“Program pemberdayaan ekonomi umat ini akan memfasilitasi dan mendorong pengembangan kelompok usaha ekonomi keluarga yang bertujuan meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan ekonomi serta mengurangi tingkat kemiskinan di wilayah Kecamatan tersebut,” jelas Kakan Kemenag Kab. Bengkulu Tengah tersebut.

Di akhir arahannnya, Kakan Kemenag Kab. Bengkulu Tengah H. Sipuan menyampaikan dengan adanya Bantuan Pemberdayaan Ekonomi  Umat ini bisa meningkatkan kesejahteraan keluarga pada tingkat Kecamatan dan membangun kemitraan dalam optimalisasi pemberdayaan umat serta. meningkatkan literasi Zakat dan Wakaf

 

 

Bagikan :