Gelar Rakor, Kanwil dan Pemprov Matangkan Persiapan Safari Ramadhan

Gelar Rakor, Kanwil dan Pemprov Matangkan Persiapan Safari Ramadhan

BENGKULU (HUMAS) --- Pemerintah Provinsi (Pemprov) dengan jajaran Kantor Wilayah (Kanwil) Kemenag Provinsi Bengkulu menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) untuk memantapkan persiapan kegiatan Safari Ramadhan 1443 H, di Pola Bapeda Provinsi. Jumat, (4/2/2022)

Rakor dipimpin langsung Sekda Provinsi Drs.Hamka Syabri.,M.S.I didampingi Kepala Bidang Penais Zawa Kanwil Kemenag H.Arsan Suryani Ibrahim.,M.H, mewakili Kakanwil Dr.H.Zahdi Taher.,M.H.I. Hadir juga kepala Biro Pemerintah dan Kesra Dr.Syarifuddin, Ketua BAZNAS Provinsi Bengkulu Dr. Fajrul Hamidy serta sejumlah pihak terkait lainnya.

Hasilnya,ada sejumlah rekomendasi yang disepakati untuk mematangkan agenda tahunan itu. Diantaranya adalah, Kanwil dan Pemprov akan bersinergi dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).Terutama dalam kemasan penyaluran bantuan bagi masyarakat yang membutuhkan.

"Tetapi bantuan tetap disiapkan oleh masing-masing satuan kerja. Baik Pemprov, Kanwil maupun BAZNAS, " ungkap Kabid Penais Zawa.

Kemudian dalam rapat itu meminta Dinas Kominfo Provinsi untuk segera mendesain banner, spanduk atau baliho untuk bahan edukasi dan sosialisasi dalam rangka menyemarakkan bulan suci Ramadhan tersebut.

"Termasuk jadwal imsakiyah. Sehingga masyarakat ada acuan dalam menjalankan ibadah suci ramadhan, " jelas mantan Kakan Kemenag Kabupaten Kepahiang itu.

Namun demikian, hingga saat ini belum dipastikan kabupaten/Kota yang akan dikunjungi perdana dalam safari Ramadhan tersebut. Namun Pemda kabupaten/kota diminta untuk segera merumuskan petugas-petugas seperti Imam dan Penceramah yang memiliki kompetensi.

‘’Termasuk kita juga meminta Pemda berkerjasama dengan Kemenag Kabupaten/Kota agar mendata Masjid-Masjid yang layak diberikan bantuan,’’ jelasnya.

Diakhir penyampaiannya, Arsan juga mengungkapkan seperti pada agenda tahun-tahun sebelumnya, safari Ramadhan akan diakhiri dengan peringatan Nuzulul Qur'an yang rencanannya akan digelar di masjid Raya, dengan mengundang penceramah nasional.

‘’Mudah-mudahan Ramadhan tahun ini kita laksanakan dengan diiringi dengan melandainya kasus pandemi Covid-19. Namun demikian, kita mengharapkan kepada Jemaah untuk tetap mematuhi protokol kesehatan,’’ demikian Arsan.

 

 

Penulis : Tatang Wss

 

Bagikan :