Komitmen dan Kesiapan Implementasi SAKTI, Kanwil Kemenag Trima Penghargaan dari KPPN

Komitmen dan Kesiapan Implementasi SAKTI, Kanwil Kemenag Trima Penghargaan dari KPPN

Bengkulu (Humas) Kantor Wilayah Kementerian Agama Provonsi Bengkulu kembali mendapatkan penghargaan dari KPPN kata gori satuan kerja terbaik dalam Komitmen dan Kesiapan Implementasi SAKTI 2022.  Pemberian penghargaan tersebut di terima oleh Kepala Kantor Wailayah Kementrian Agama Provinsi Bengkulu  yang di walili Oleh Kepala Bagian Tata Usaha Drs. H. Hamdani . M. Pd.  dalam acara Pencanangan KPPN Sebagai Wilayah Bersihdan Melayani. Rabu (28/10).

Kakanwil menyampaikan apresiasi atas Penghargaan ini. Kakanwil optimis jika aplikasi ini diterapkan 0leh  Satker Kemenag se-Provinsi Bengkulu maka pengelolaan keuangan akan lebih transparan, efektif, tepat waktu dan tepat mutu. Karena Aplikasi ini  sangat positif, kita terus tingkatkan dan terus belajar dalam pengelolaan aplikasi SAKTI bahkan aplikasi lain yang dapat mendorong system pengelolaan keuangan yang transparan.

Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) yang dimulai pada akhir tahun 2021. Implementasi SAKTI sendiri telah diatur dalam Peraturan Menteri Keuangan Nomor 223/PMK.05/2015 tanggal 15 Desember 2015 tentang Pelaksanaan Piloting SAKTI sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 203/PMK.05/2019 tanggal 27 Desember 2019. Selanjutnya implementasi SAKTI full module yaitu Kelompok Modul Pelaksanaan dan Kelompok Modul Pelaporan akan dilaksanakan oleh seluruh Satker.

Aplikasi SAKTI merupakan aplikasi yang dibangun guna mendukung implementasi Sistem Perbendaharaan Anggaran Negara (SPAN) dengan menggunakan sistem yang terintegrasi pada setiap satuan kerja (Satker).

Dengan menggunakan aplikasi SAKTI ini, diharapkan pengelolaan keuangan lebih efektif dan efisien. Tentu ini semua untuk mewujudkan pengelolaan keuangan negara yang profesional, transparan, akuntabel.

Aplikasi SAKTI ini akan mulai dilaksanakan awal tahun 2022 mendatang, dengan demikian perencanaan sudah harus dilaksanakan Bulan Desember 2021 atau ketika Daftar Isian Pengguna Anggaran (DIPA) sudah akan diserahkan ke masing-masing Satker. AE

Bagikan :