Tekan Laju Penyebaran Covid-19, MTsN 2 Mukomuko Gelar Vaksinasi Tahap Pertama

Tekan Laju Penyebaran Covid-19, MTsN 2 Mukomuko Gelar Vaksinasi Tahap Pertama

Mukomuko (Humas) - Sejumlah siswa dan pegawai MTsN 2 Mukomuko mengikuti giat vaksinasi Covid-19 tahap pertama secara gratis. Program hasil kerjasama pihak madrasah dengan Puskesmas Bukit Mulya itu dilaksanakan pada pukul 09.00 - 12.00 WIB untuk hari pertama, dan akan dilanjutkan hari kedua karena belum semuanya mendapatkan vaksin.

Kepala MTsN 2 Mukomuko, Sudirman, S.Ag, M.Pd menyampaikan bahwa pihak madrasah sangat mendukung kegiatan ini.

"Vaksin atau tidaknya itu adalah hak setiap orang. Namun pada dasarnya program vaksinasi ini merupakan bentuk ikhtiar kita dalam menekan laju penyebaran virus Covid-19," ujar Sudirman.

Siswa yang menerima vaksinasi merupakan siswa kelas VII, VIII, dan IX yang sudah mendapat persetujuan dari orang tua dibuktikan dengan surat pernyataan dan ditandatangani di atas materai 10.000. Siswa yang mendapat persetujuan vaksin dari orang tua diwajibkan untuk mengumpul fotokopi Kartu Keluarga (KK).

Kegiatan tersebut diawali dengan pra-registrasi. Hal itu dilakukan untuk mengetahui data pihak yang akan mendapatkan vaksinasi. Tahap berikutnya akan diarahkan menuju meja screening untuk dilakukan pengecekan suhu,tekanan darah, dan hal-hal terkait agar dapat melanjutkan ke proses vaksinasi. Jika memenuhi syarat, lalu diarahkan ke meja injeksi di mana proses vaksinasi berlangsung. Usai penyuntikan vaksin petugas kesehatan memberikan kartu vaksin yang tertera data di antaranya tentang tanggal vaksinasi untuk tahap kedua.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. Mentari didampingi enam rekannya menuturkan bahwa vaksin yang diberikan kepada warga madrasah adalah jenis SinoVac.

"Vaksinasi ini diberikan untuk menjaga kekebalan tubuh agar terlindungi dari virus. Selain tentunya harus diperketat protokol kesehatannya. Karena kemungkinan virus ini tidak akan hilang dan akan menjadi penyakit endemic seperti umumnya flu," tuturnya. (Muhtohar)

Bagikan :