Ikuti Simulasi, MIN 2 Kaur Siap Laksanakan AKMI

Ikuti Simulasi, MIN 2 Kaur Siap Laksanakan AKMI

 

Kaur (Humas) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kaur mengikuti simulasi Asesmen Kompetensi Madrasah Indonesia (AKMI) sebagai persiapan AKMI 2021 yang dilaksanakan di ruang guru MIN 2 Kaur, Kamis (21/10).

AKMI adalah asesmen yang dilakukan pada siswa madrasah sebagai metode penilaian yang komprehensif untuk mendiagnosis kelebihan dan kelemahan siswa pada literasi membaca, literasi numerasi, literasi sains dan literasi sosial budaya termasuk survei karakter. Hasil asesmen dapat digunakan oleh guru dan madrasah untuk memperbaiki layanan pendidikan yang dibutuhkan siswa sebagai dasar untuk menyusun suatu rancangan pembelajaran.

Kepala MIN 2 Kaur Elvi Marlianti, M.Pd. menjelaskan bahwa AKMI akan dilaksanakan pada awal bulan November mendatang, “Pelaksanaan AKMI nanti diikuti seluruh siswa-siswi kelas 5 dengan jumlah 38 siswa dan dibagi menjadi 2 sesi” jelas Elvi.

Menurut Elvi kegiatan simulasi ini bertujuan untuk melihat kesiapan sekolah, dengan memperkenalkan penggunaan komputer/laptop dan bentuk soal AKMI kepada siswa.

“Dengan adanya simulasi, siswa diharapkan sudah terbiasa nanti pada saat pelaksanaan AKMI sehingga waktu pengerjaan soal dapat dimanfaatkan dengan maksimal” jelas Elvi.

Elvi menambahkan bahwa pada pelaksanaan simulasi hanya berlangsung 1 hari saja, walaupun untuk pelaksanaan AKMI nanti akan berlangsung selama 2 hari. “Untuk pelaksanaan simulasi ini, alhamdulillah berjalan lancar dengan dibantu oleh proktor dan beberapa guru untuk mendampingi siswa yang memang baru pertama kali menggunakan PC/ Laptop” tambahnya. (Endang/Eltin)

Bagikan :