MAN 1 Kota Bengkulu gelar Pelatihan Daurah Al-Qur’an

MAN 1 Kota Bengkulu gelar Pelatihan Daurah Al-Qur’an

Kota Bengkulu (Humas)19/10-Hari Minggu 17 Oktober 2021, sekitar 35 orang guru dan staf TU Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Model Bengkulu telah  mengikuti pelatihan membaca Al-Qur’an yang diadakan oleh MAN 1 Model Bengkulu.

Untuk tahap yang Pertama  ini, Pelatihan Al-Qur’an ini dikhususkan untuk guru dan staf TU laki-laki. Menurut Ustad Heri Rohayadi, SE. selaku Trainer Pelatihan Membaca Al-Qur’an sekaligus Ketua Tim Daurah Tahsin Tilawah  memperkenalkan Huruf Hijaiyah kepada guru- guru dan staf TU agar guru-guru mahir dan memiliki kualitas Makhorijul huruf yang benar. Dengan  tujuan agar semakin mencintai Alquran, agar mampu menjaga lisan dari kesalahan membaca Alquran, dan agar bacaan Alquran sesuai dengan bacaan Rosulullah SAW”. Tutur Heri di sela-sela kata sambutannya.

Adapun Nara sumber Daurah Al-Qur’an ini selain Ustad Heri ada lagi pendamping pemateri yaitu ustad Iwan Farles Winardo ( Al Hafidz Pendamping pemateri untuk praktik dan cek tilawah),  kemudian ada pula Ustad Zuliono (Alhafidz pendamping pemateri untuk praktik dan cek up tilawah).

Pelatihan berlangsung dalam satu hari mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan pukul 16.30 WIB dengan materi Chek Up Tilawah, Muqaddimah dan Makhorijul huruf dan sifat huruf.

Pada materi awal Chek Up Tilawah semua peserta di minta satu persatu untuk maju memperdengarkan bacaannya, dan terbukti banyak di antara peserta yang masih jauh dari kesempurnaannya dan memerlukan latihan secara terus menerus .  Pada sesi akhir pertemuan para peserta diberikan tes dengan materi yang telah dipelajari berdasarkan kapasitas kemampuannya dan mendapatkan nilai masing-masing.

Sementara itu, Kepala MAN 1 Model Bengkulu, Faisal Abdul Aziz, M.Ag. dalam sambutannya berharap agar semua Guru dan Staf TU mampu menerapkan ilmu yang sudah diberikan.

“Dengan keikhlasan serta kesungguhan yang dimiliki dalam belajar cara membaca Al Qur’an  dengan benar, dapat menerapkan ilmu yang diberikan, Insya Allah kita semua mampu menjadi guru dan karyawan yang terbaik". Tutur faisal. (HumasMAN1/Popi)

Bagikan :