Bersama Dinkes Provinsi, Kemenag Benteng Adakan Pembinaan Jasmani CJH

Bersama Dinkes Provinsi, Kemenag Benteng Adakan Pembinaan Jasmani CJH

Bengkulu Tengah (Humas) – Untuk menjaga kebugaran dan kesehatan bagi para Calon Jamaah Haji (CJH) Kabupaten Bengkulu Tengah untuk menjalankan ibadah haji nantinya. Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah melalui Seksi Penyelenggaraan Haji dam Umroh (PHU) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mengadakan Pembinaan Kebugaran Jasmani bagi CJH Kabupaten Bengkulu Tengah, Senin (18/10).

 Kegiatan yang dipusatkan di Desa Pekik Nyaring Kecamatan Pondok Kelapa , Para CJH dari berbagai kalangan usia sangat antusias dan semangat mengikuti arahan petugas kesehatan dari Dinkes.

 Ketika ditemui di sela kegiatan, H. Kharnolis, S.Sos selaku Kepala Seksi Penyelenggara Haji Dan Umrah pada kesempatan tersebut mewakili Kakan Kemenag Kab. Bengkulu Tengah H. Sipuan, S.Ag.,MM mengatakan, bahwa kegiatan pembinaan kebugaran bagi CJH ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran jasmani Calon Jemaah Haji dengan harapan agar kondisi Calon Jamaah haji bisa sehat dan bugar selama melaksanakan ibadah haji.

 “Menunaikan ibadah haji ialah Rukun Islam yang kelima, semua umat Islam berkeinginan untuk dapat menunaikannya. Ibadaha Haji hanya diwajibkan bagi mereka yang mampu, untuk itu dalam artian mampu ini bukan hanya mampu dalam segi materi atau ekonomi. Tetapi, mampu juga dalam Jasmani dan Rohaninya,” kata Kasi PHU.

 Maka dari itu, jelas Kasi PHU. Menunaikan ibadah haji ini memerlukan fisik yang kuat, sebab nantinya para CJH akan tinggal pada waktu yang cukup lama di Tanah Suci, yang memiliki kondisi iklim yang sangat berbeda dari Indonesia. “Terlebih sekarang masih dalam wabah Pandemi (Covid-19). Jadi para CJH sangat memerlukan kondisi fisik yang sehat dan bugar. Para CJH harus mempersiapkan jauh-jauh hari dengan berolahraga,” jelas H. Kharnolis.

Bagikan :