Deteksi Penyakit Sejak Dini, Siswa Kelas X MAN 1 Mukomuko Ikuti Penjaringan Kesehatan

Deteksi Penyakit Sejak Dini, Siswa Kelas X MAN 1 Mukomuko Ikuti Penjaringan Kesehatan

Mukomuko (Humas) - Siswa kelas X tahun pelajaran 2021/2022 ikuti penjaringan kesehatan dari Puskesmas Ipuh pada Senin, (11/10). Penjaringan kesehatan tersebut merupakan program kerja sama MAN 1 Mukomuko dengan Puskesmas Ipuh.

Tim penjaringan kesehatan siswa baru dari Puskesmas Ipuh terdiri dari dokter dan tiga tenaga kesehatan atau perawat. Tim penjaringan tersebut dikoordinatori oleh Yenni Lestari. Penjaringan kesehatan diawali dengan melakukan pengukuran tinggi badan dan penimbangan berat badan.

Setelah mulai fase pengukuran dan penimbangan berat badan, tim penjaringan kesehatan mulai melakukan pemeriksaan. Pemeriksaan pertama yang dilakukan adalah pemeriksaan kesehatan mata dengan melakukan babarapa tes yaitu tes buta warna, tes rabun jauh dan dekat.

Selain melakukan pemeriksaan mata, dokter juga melakukan pemeriksaan kesehatan telinga dan gigi. Pemeriksaan yang dilakukan melalui penjaringan tersebut merupakan upaya untuk mendeteksi kelainan kesehatan pada siswa sejak dini.

Menurut tim penjaringan kesehatan Puskesmas Ipuh, jika saat penjaringan kesehatan ada siswa yang terjaring memiliki gejala penyakit mata, gigi dan telinga, maka kita akan rekomendasikan ke pihak sekolah untuk melakukan pemeriksaan dan pengobatan pada Puskesmas Ipuh.

MAN 1 Mukomuko melalui pembina UKS MAN 1 Mukomuko menyampaikan terimakasih kepada Puskesmas Ipuh dengan program penjaringan kesehatan yang dijalankan selama ini. Penjaringan kesehatan siswa sangat penting khususnya kesehatan mata dan telinga karena kedua indra tersebut sangat berpengaruh terhadap prestasi belajar siswa. *(J88)

 

Bagikan :