Kemenag Pantau Pelaksanaan ANBK MTs N 1 Lebong

Kemenag Pantau Pelaksanaan ANBK  MTs N 1 Lebong

Lebong (Humas) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong H. Heriansyah S. Ag, M.H melalui Kasi Pendis Fahmi Rozi memantau pelaksanaan Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) gelombang 2 pada Madrasah Tsanawiah Negeri 1 Lebong. Selasa, (8/10)

Dikatakan Kasi Pendis Pahmi Rozi ANBK merupakan program Pemerintah pengganti UNBK sebagai penilaian terhadap mutu sekolah, Madrasah, dan program kesetaraan pada jenjang dasar dan menengah yang bertujuan untuk mengetahui gambaran karakteristik esensial sebuah sekolah dan madrasah yang efektif dalam mengembangkan kompetensi dan karakter siswa.

‘’Mulai dari ciri pengajaran yang baik, sampai program dan kebijakan sekolah yang membentuk iklim akademik, sosial, dan keamanan yang kondusif,’’ kata Pahmi

“Asesmen Nasional ini salah satu tolak ukur penilaiannya ada pada hasil belajar siswa yang mendasar yakni literasi, numerasi, dan karakter,” lanjutnya lagi.

 Ia menjelaskan bahwa ANBK tidak ada kaitanya dengan nilai rapor, kenaikan kelas, dan kelulusan. Tetapi ANBK ini bermanfaat untuk jangka panjang. Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) ini juga tidak hanya diikuti oleh peserta didik, tetapi juga guru  dan kepala sekolah agar gambaran mutu dan kualitas pendidikan dapat diketahui secara akurat

“Peserta didik akan mengerjakan soal literasi dan numerasi, serta survei karakter dan lingkungan belajar. Sedangkan guru dan kepala sekolah secara khusus mengerjakan survei lingkungan belajar,”Ujar Pahmi Rozi.

Ia juga mengatakan ANBK gelombang 2 lingkungan Kemenag Lebong untuk jenjang MTs berlangsung selama 4 hari mulai tanggal 4 s/d 7 Oktober 2021 yang diikuti 4 madrasah yang terdiri dari Mts N 1 Lebong, Mts N 2 Lebong, MTs Islamiah dan MTs Al Hadi dengan jumlah peserta 66 siswa. sedangkan untuk tingkat MA dilaklsanakan pada tanggal 28 dan 29 Oktober yang dikuti oleh MAN 1 dan MAN 2 Lebong dengan jumlah peserta sebanyak 84 siswa.

 

 

Penulis Bibin

 

 

 

 

Bagikan :