Monev Kemasjidan, Bidang Urais Kanwil Kunjungan Kerja Lebong

Monev Kemasjidan, Bidang Urais Kanwil Kunjungan Kerja Lebong

Lebong (Humas) --- Kabid Urais dan Binsyar Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Ramlan M. HI melaksanakan monev kemasjidan dengan kunjungan kerja di Kemenag Kabupaten Lebong pada Senin.(07/10)

Kedatangan Kabid Urais beserta tim tersebut disambut langsung oleh Kepala Kantor Kementerian Agam Kabupaten Lebong H. Heriansyah, S. Ag, MH di dampingi Kasi Bimas Islam Arief Azizi.

Kabid Urais mewakili Kakanwil Dr. H. Zahdi Taher.,M.HI mengatakan, tugas memakmurkan masjid adalah tugas dan tanggung jawab setiap muslim yang beriman. Memakmurkan masjid berarti membangun, memperbaiki, mendiami, menetapi, mengisi, menghidupkan, mengabdi, menghormati dan memelihara masjid itu sndiri.

“Fungsi dan peran masjid ini harus diketahui oleh pengurus mesjid agar tidak ada anggapan bahwa fungsi mesjid hanya digunakan sebagai tempat ibadah ritual semata padahal mesjid memiliki peran dan fungsi lainnya. Bahkan ketika jaman Rasulullah segala urusan dilaksanakan dan di selesaikan di masjid” kata H, Ramlan

Ia berharap kepada semua pengurus masjid di kabupaten Lebong bisa memahami dan meningkatkan kualitas masing-masing, selanjutnya diaplikasikan pada setiap rutinitasnya.

“Tugas juga tantangan pengelola mesjid ke depan kian berat, seperti bidang idarah mesjid, yaitu berkaitan dengan kepengurusan berikut periodesasi, program kerja, manajemen dan penatakelolaan keuangan mesjid,’’ jelasnya.

‘’Kemudian Bidang imarah, yaitu adanya kegiatan dan pemantapan peran sumberdaya manusia (SDM) pelaksana ibadah, seperti imam, khatib, dan bilal, Ri’ayah mesjid, yaitu upaya peningkatan pembangunan, meliputi sarana atau fasilitas yang dibutuhkan di mesjid tersebut,’’ lanjut Ramlan

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Kbaupaten Lebong H, Heriansyah S, Ag MH Mengtakan jumlah masjid di Kabupaten Lebong sebanyak 137 masjid 1 masjid Agung Kabupaten Lebong dan yang lainya masjid jami dan masjid di tempat publik yang tersebar di Kecamatan dan desa kelurahan.

 

Penulis bibin

 

 

Bagikan :