Berkolaborasi Dengan Kemenag, MUI Gelar Musda Ke-IV

Berkolaborasi Dengan Kemenag, MUI Gelar Musda Ke-IV

Lebong (Humas) --- Berkolaborasi dengan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong, belum lama ini majelis Ulama Indonsia (MUI) menggelar Musyawarah Daerah (Musda)  ke IV. Kegiatan digelar di Aula Sakinah Kemenag.

Kegiatan mengambil tema, ‘’kita tingkatkan peran ulama dalam memperkuat integrasi bangsa’’. Kegiatan dibuka oleh Kakan Kemenag H. Heriansyah yang di hadiri  oleh  Kapolres Lebong, Pengurus MUI Provinsi Bengkulu, pengurus MUI Kabupaten Lebong masa khidmat 2015-2020,pimpinan pondok pesantren, Ketua pimpinan Ormas Islam tokoh agama dan tokoh masyarakat se kabupaten Lebong. 

Kakan Kemenag mengatakan bahwa MUI memiliki peran strategis dalam membangun kemaslahatan umat dalam memperkokoh ukuwah islamiyah, karena ulama merupakan perekat dan penguat dalam menyatukan agama agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Ulama memiliki peran penting dalam membimbing agar masyarakat terhindar dari hal-hal yang menyimpang dan menyesatkan untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan dalam menghadapi era dan keterbukaan yang bisa mempengaruhi kehidupan berbangsa dan bernegara, maupun bermasyarakat,” kata H. Heriansyah

Ia berharap dengan terbentuknya MUI Kabupaten Lebong masa khidmat 2021-2026 mampu memberikan konstribusi fositif dalam rangka membangun manusia seutuhnya di kabupaten Lebong.

‘’Tentu dengan sinergitas bersama pemerintah daerah, Kemenag dan seluruh stakeholder yang ada menuju masyarakat bahagia dunia akhirat serta menuju bangsa baldatun tayyibatun wa robbun ghafur,’’ lanjutnya.

Sementara itu Ketua MUI Provinsi Bengkulu Dani Hamdani mengatakan MUI merupakan organisasi tertinggi di Indonesia, karena disinilah tempat berkumpulnya seluruh organisasi masyarakat (Ormas) Islam yang diharapkan dapat menyelesaikan berbagai permasalahan umat dan sekaligus berperan sebagai penyejuk umat. Sehingga kehidupan umat beragama dapat kondusif, aman dan damai.

“Dan di tengah dinamika persoalan umat dan kebangsaan yang makin berkembang saat ini MUI akan menjadi rujukan masyarakat dalam menghadapi permasalahan hidup. maka tantangan untuk pengurus MUI berikutnya sangatlah berat dimana MUI sebagai pengawal moral masyarakat dan harus aktif memberikan taushiyah, serta memberikan saran dan nasihat kepada Pemerintah," ujar Dani Hamdani..

Ia berharap pada Musda hari ini didapatkan Pemimpin yang terbaik, sehingga MUI Kabupaten Lebong bisa berjalan beriringan dan bersinergi dengan Pemerintah Daerah dalam mewujudkan masyarakat Kabupaten Lebong taat beragama dan berakhlakul karimah.

 

Penulis Bibin

 

 

 

 

Bagikan :