Pekan Pertama Tatap Muka, Peserta Didik Diajak Praktik Penyelenggaraan Jenazah

Pekan Pertama Tatap Muka, Peserta Didik Diajak Praktik Penyelenggaraan Jenazah

Mukomuko (Humas) - Peserta didik kelas X IPS 1 MAN 2 Mukomuko melakukan praktik penyelenggaraan jenazah yaitu memandikan dan mengkafani jenazah, Selasa (28/9).

Menurut Gusnawati, S.Ag guru mata pelajaran fikih di MAN 2 Mukomuko, ini merupakan bagian dari program yang telah disusunnya.

"Program ini insyaaAllah akan terus berjalan dalam rangka mempersiapkan peserta didik yang berdaya guna di masyarakat, setidaknya untuk lingkungan keluarganya," ujar Gusnawati.

Selain dua kegiatan tersebut, nantinya juga akan diajarkan kepada peserta didik materi tentang shalat jenazah dan penguburan jenazah. Materi ini kemudian akan dievaluasi dengan kegiatan praktiknya.

"Penyelenggaraan jenazah berikutnya yaitu shalat dan pemakaman jenazah akan dilakukan di tahapan berikutnya setelah siswa mendalami dan memahami betul teknik memandikan dan mengkafani jenazah," lanjut Gusnawati.

Tentu saja diharapkan peserta didik benar-benar mampu menyerap, memahami, dan bisa mengimplementasikan materi-materi seperti ini dalam bermasyarakat.

"Kita tekankan kepada peserta didik bahwa ini adalah ilmu yang akan terus dipakai seumur hidup, sehingga harus dijalani dengan serius, jangan hanya berorientasi pada nilai," imbuh Gusnawati.

Menurut Gusnawati, praktik semacam ini sangat membantu para siswa dalam memahami dan implementasi teori-teori yang diberikan di kelas. (ASW)

Bagikan :