Kanwil Bengkulu, Matangkan Persiapan STQ Nasional XXVI

Kanwil Bengkulu, Matangkan Persiapan STQ Nasional XXVI

MALUKU UTARA --- Kanwil Kemenag bersama Biro Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Pemda Provinsi Bengkulu, terus mematangkan persiapan menjelang pelaksanaan Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat Nasional di Provinsi Maluku Utara, bulan Oktober mendatang.

Kepala Bidang penerangan Agama Islam Zakat dan Wakaf (Penais Zawa) H.Arsan Ibrahim didampingi Kasi SBI,MTQ Dan Ak Hadits Dr.Khoiruman,.M.Pd mewakili Kakanwil Dr.H.Zahdi Taher.,M.HI mengatakan, selain menjalin sinergitas dan kemitraan dengan bersama lintas sektoral, pihaknya telah melaksanakan survei lokasi terkait kesiapan event besar tersebut.

Tim survei disambut Wakil Gubernur Ir.H.M. Muhammad Al Yasin Ali, serta sejumlah panitia serta jajaran Kanwil Maluku Utara.

"Kita ingin memastikan tempat menginap kafilah dan kesiapan teknis lainnya.Terkhusus penginapan, seluruh kafilah se-Indonesia sudah disiapkan perumahan oleh panitia besar," kata Arsan dan Khairuman.

Ditambahkan Khairuman, pihaknya akan mengirimkan 12 peserta dalam ajang bergengsi ini.Mereka sendiri akan di Training Center (TC) yang rencananya akan dilaksanakan pada  tanggal 5 sampai dengan 11 Oktober mendatang.

"Sebelum tanggal tersebut, TC akan dilaksanakan di daerah kabupaten dan kota masing masing," lanjut Khairuman.

Dalam ajang lomba ini, lanjut Khairuman lagi, ada 10 golongan putra/putri yang akan  dimusabaqakan di Kota Sofifi ibu kota Maluku Utara itu. Dengan rincian yaitu: golongan Tilawah anak anak dan dewasa,  golongan Tilawah dewasa, golongan 1 juz ma'a Tilawah. Kemudian golongan 5 juz ma'a Tilawah. Selanjutnya  golongan Hifdzil Qur'an 10 juz, golongan Hifdzil Qur'an 20 juz. Selain itu, golongan Hifdzil Qur'an 30 juz, golongan tafsir bahasa Arab, Hafalan 100 hadits, serta golongan hafalan 500 hadits.

"Seluruh kafilah yang akan berangkat ke Maluku Utara disyaratkan harus Lulus PCR Negatif dan minimal sudah divaksin 1 kali," terang Khairuman.

"Karenanya, mohon doa dari seluruh masyarakat Provinsi Bengkulu,mudah mudahan para peserta dari kafilah dr Provinsi Bengkulu bisa tampil maksimal dan mampu membawa nama baik Provinsi Bengkulu di kancah Nasional," demikian Khairuman.

 

Penulis : Tatang Wss

Bagikan :