Refleksi Kinerja Satu Tahun, Kakanwil Launching Aplikasi Layanan DUMAS

Refleksi Kinerja Satu Tahun, Kakanwil Launching Aplikasi Layanan DUMAS

BENGKULU (HUMAS) --- Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenag Dr. H. Zahdi Taher.,M.HI kembali berinovasi, dalam gelaran refleksi kinerja satu tahun kepemimpinannya, Zahdi melaunching aplikasi layanan Pengaduan Masyarakat (DUMAS) https://bengkulu.kemenag.go.id/dumas.   

Launching DUMAS ditandai dengan pemukulan dol oleh Kakanwil berserta Ketua DWP Hj Megaharyanti Zahdi. Ikut mendampingi, Kabag Tata Usaha Drs. H. Hamdani.,M.Pd serta Wakil Ketua DWP Hj. May Hamdani. Acara digelar di Aula Rafles City Hotel Pantai Panjang Kota Bengkulu. Rabu, (15/9).

Kakanwil mengungkapkan, Kehadiran aplikasi layanan DUMAS bertujuan untuk mempermudah akses bagi masyarakat dalam menyampaikan saran dan kritik terhadap program-program kerja Kanwil Kemenag, serta dalam rangka menuju transformasi layanan digital pada seluruh sektor layanan public.

‘’Selama ini mungkin laporan, saran dan kritik dari masyarakat belum terkontrol maksimal. Nah dengan aplikasi layanan ini, diharapkan pengaduan masyarakat dapat dikelola dengan baik, benar, efektif, dan efisien,’’ kata Zahdi.

‘’Dalam layanan publik ini, masyarakat dapat mengunjungi website, mengisi form yang telah disediakan, dan langsung diproses oleh tim penanganan pengaduan masyarakat Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu,’’ lanjut Zahdi.

Selain itu menurut Kakanwil, agar penanganan Pengaduan Masyarakat lebih terkoordinasi dan mempunyai mekanisme penanganan yang sama.

‘’Tentu ini juga mendorong terwujudnya penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan bebas dari korupsi, kolusi, dan nepotisme. Karena kita targetkan, Kanwil Kemenag harus menjadi pilot project pembangunan Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) / WIlayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM),’’ ungkap Zahdi.

Dalam kesempatan itu, Kakanwil juga mengakui satu tahun kepemimpinannya masih banyak yang belum diperbuat. Karena menjadi Kakanwil merupakan suatu tugas yang berat. Dimana dirinya harus mengkoordinasikan, konsolidasikan semua kekuatan potensi Kanwil Kemenag menjadi sebuah kekuatan dalam membangun kehidupan beragama.

‘’Karenanya, berikan saya masukan, berikan saya kritikan saran sehingga kedepan kita bersama-sama memajukan Kementerian Agama Republik Indonesia ini, khususnya kantor wilayah ini,’’ pinta Kakanwil.

Selain itu Zahdi mengharapkan pada momentum refleksi satu tahun kepemimpinannya, Kualitasnya pelayanan kepada masyarakat agar terus ditingkatkan. Baik pelayanan haji, pelayanan pendidikan, pelayanaan umat dilintas agama. 

‘’Apalagi di era digitalisasi pada saat ini dan fungsi pendidikan, harus dimaksimalkan. Ini dalam rangka melahirkan anak-anak dan putra-putri kita yang cerdas yang kreatif inovatif sehingga alumni siswa Madrasah dapat bersaing, melahirkan anak-anak yang mandiri,’’ demikian Zahdi.

Hadir dalam kesempatan itu, seluruh Kepala Kemenag Kabupaten/Kota se-Provinsi Bengkulu, pejabat eselon III dan IV dilingkungan Kanwil, kepala KUA, Kepala Madrasah serta pengurus DWP Kanwil dan Kemenag Kabupaten/Kota. Acara sendiri diakhiri dengan ramah tamah.

 

Penulis : Tatang Wss

Bagikan :