Kemenag Lebong, Gelar Manasik Haji Mandiri

Kemenag Lebong, Gelar Manasik Haji Mandiri

Lebong (Humas) --- Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong H. Heriansyah.,S.Ag, M.H menggelar kegiatan manasik haji mandiri di Masjid Agung Sultan Abdullah pada Rabu, (08/09).

Kegiatan manasik haji mandiri ini dibuka langsung oleh Kepala Kantor H. Heriansyah didampingi Kasi PHU. Manasik menghadirkan Pemateri dari IPHI Kabupaten Lebong  dihadiri oleh seluruh calon jama’ah haji (CJH) Tahun keberangkatan 2022.

Heriansyah mengatakan bahwa hari ini merupakan pembukaan secara resmi kegiatan manasik haji mandiri, yang merupakan awal dari seluruh rangkaian kegiatan pembekalan CJH ditengah kondisi negara kita masih suasanan pandemi COVID-19.

“Dengan berbagai pertimbangan dan koordinasi terkait dengan manasik mandiri tersebut, akhirnya dengan tetap mengutamakan protokol kesehatan, jaga jarak kita bisa menggelar pembukaan hari ini Karena kegiatan manasik mandiri tersebut merupakan salah satu bentuk pelayanan pemerintah terhadapa CJH,” kata Heriansyah

Ia menjelaskan bahwa, tujuan dari manasik haji ini adalah sebagai wadah untuk menambah pengetahuan keilmuan terkait pelaksanaan ibadah haji bagi seluruh calon jama'ah haji, sehingga pada saatnya nanti melaksanakan ibadah haji di tanah suci akan terwujud kemandirian bagi jama'ah haji itu sendiri yang tidak tergantung kepada ketua kloter atau pembimbing jemaah haji

“Ibu bapak sekalian adalah tamu yang istimewa yaitu tamu yang akan berkunjung ke Baitullah maka melalui manasik haji mandiri ini diharapkan dapat memberikan gambaran kepada CJH terkait perjalanan ibadah haji, yang pada akhirnya nanti akan mengantarkan bapak/ibu CJH OKU menjadi haji yang mabrur dan mabruroh,” sambungnya.

Ia berharap dengan adanya  bimbingan manasik haji mandiri tingkat Kabupaten Lebong ini mampu menjadi sarana dan momentum, dan juga merupakan langkah awal bimbingan manasik yang outputnya adalah dapat mewujudkan jama'ah haji yang memiliki pengetahuan dan keterampilan pelaksanaan ibadah haji, serta memiliki ahlaqul karimah dalam menjalankan ibadah haji.

 

Penulis Bibin

 

 

 

Bagikan :