Kanwil Kemenag, Gelar Pemilihan Penyuluh Teladan Tingkat Provinsi

Kanwil Kemenag, Gelar Pemilihan Penyuluh Teladan Tingkat Provinsi

BENGKULU (HUMAS) --- Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu menggelar pemilihan penyuluh teladan tingkat Provinsi Bengkulu. Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kakanwil Dr. H. Zahdi Taher.,M.HI di Aula Kanwil. Rabu, (8/9).

Sebanyak 11 orang penyuluh bersaing untuk merebut tiket ke tingkat nasional, yang akan digelar Bulan November 2021 mendatang. 11 orang utusan Kabupaten/kota itu terdiri dari 5 penyuluh Agama Islam Fungsional (PNS) dan 6 orang penyuluh agama islam Non PNS.

‘’Dari 11 orang peserta itu, satu penyuluh agama Islam (PAI) PNS dan satu penyuluh non-PNS yang berhasil meriah juara pertama  akan dikirimkan sebagai penyuluh teladan tingkat nasional,’’ kata kabid Penerangan Agama Islam Zakat dan Wakap H. Arsan Ibrahim didampingi Ketua Panitia H. Irawadi.,S.Ag.,M.H.

Sebagai tim penilai pemilihan penyuluh teladan tahun ini adalah Dr. Zubaidi.,M.Ag.,M.Pd (unsur peneliti), Dr. H. Heri Noer Ali,MA (unsur akademisi) dan Drs. H. Siun Rohan, M.HI (unsur praktisi).

‘’Mereka akan mengikuti tahapan seleksi yang ketat, dengan beberapa aspek penilaian diantaranya karya tulis, karya ilmiah yang temanya pun berkaitan dengan eksistensi kinerja mereka sebagai penyuluh,’’ beber Irawadi.

Sementara itu, Kakanwil Kemenag Dr. H. Zahdi Taher.,M.HI mengatakan, keseriusan para peserta dalam mengikuti kompetisi ini akan menghasilkan karya yang maksimal, dengan memperhatikan segala bentuk aspek penilai oleh tim.

‘’Salah satu karya tulis sebagai salah satu aspek penilaian, karya tulis peserta itu juga memperjelas apa yang dikerjakan,’’ kata Kakanwil.

Karenanya dengan kompetisi ini, penyuluh agama baik PNS dan non PNS dapat meningkatkan kualitas dan kompetisi diri, selain itu juga bukti bahwa penyuluh masih dituntut untuk melakukan tugas walaupun ditengah pandemic Covid-19.

‘’Mudah-mudahan dengan kegiatan ini, akan muncul kreasi dan inovasi penyuluh,’’ demikian Zahdi.

 

 

Penulis : Tatang Wss --- Fhotografer : Fahmi

 

 

 

 

 

 

Bagikan :