Doa Bersama Demi Bangsa, DWP Kemenag Benteng Ikuti Webinar Nasional

Doa Bersama Demi Bangsa, DWP Kemenag Benteng Ikuti Webinar Nasional

Bengkulu Tengah (Humas) –        Untuk memperingati Tahun Baru Islam 1443 H dan menjelang HUT Kemerdekaan RI ke 76,  Ketua Dharma Wanita Persatuan Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah Ny. Miniarti Sipuan, S.Pd bersama para pengurus mengikuti kegiatan doa bersama secara virtual.

Webinar Nasional yang bertajuk “Doa Bersama Untuk Keselamatan Bangsa” ini diselenggarakan oleh DPW Kementerian Agama Pusat, Jum’at (13/08) melalui aplikasi Zoom. Adapun kegiatan ini di pimpin langsung oleh Penasehat DWP Kemenag RI, Hj. Eny Yaqut Cholil Qoumas dengan didampingi Ketua DWP Kemenag RI, Hj. Farikhah Nizar Ali, dan diikuti oleh seluruh DWP di jajaran Kemenag Republik Indonesia.

Dalam laporannya, Farikhah Nizar Ali menyampaikan bahwa doa bersama melalui virtual merupakan ikhtiar bathiniyah yang melengkapi ikhtiar lahiriah yang telah diselenggarakan oleh Pemerintah selama ini di tengah merebaknya Pandemi Covid-19 selama ini.

"Musibah pandemi Covid-19 yang menimpa saat ini adalah suatu fenomena yang sangat besar, yang sudah menjadi ancaman bukan saja nasional bahkan ancaman global bagi umat manusia dan kemanusiaan di seluruh dunia. Beberapa langkah penanggulangan pun sudah dilakukan oleh pemegang kebijakan dan setiap negara yang terjangkit virus ini mulai dari pembatasan menjaga jarak fisik dan pemberian vaksin," ucapnya.

Ketua DWP Kemenag RI tersebut menjelaskan bahwa Webinar ini berdoa untuk keselamatan bangsa menjadi sangat tepat dan relevan. Lanjut beliau, semoga kegiatan hari ini yaitu berdzikir dan berdoa ini mampu melahirkan doa serta menguatkan spirit kualitas masyarakat dalam ikhtiar batin menghadapi Pandemi Covid-19.

 "Saya meyakini hanya Allah Swt yang bisa menyelamatkan setiap manusia dari bencana yang melanda Indonesia, juga dunia. Semua bencana yang diturunkan tentu memberikan signal agar kita mawas diri, dan menegaskan bahwa sebagai manusia yang lemah membutuhkan bantuan dari Allah Swt. Namun dengan bantuan doa dan ikhtiar, bekerja dan beribadah dari rumah maka dapat membantu menuntaskan Pandemi dalam situasi penerapan PPKM level 2 sampai 4, tetap tinggal di rumah menjadi pilihan terbaik saat ini, dan marilah kita jadikan rumah sebagai tempat meraih pahala, bekerja dan mengabdi, tempat belajar yang nyaman bagi anak-anak kita," tandas Farikhah.

Pada kesempatan yang sama, selaku Penasehat DWP Kemenag, Eny Yaqut Cholil Qoumas dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat tahun baru Islam 1 Muharam 1443 H kepada seluruh anggota Dharma Wanita. “Karena masih dalam suasana tahun baru 1443 Hijriah, saya ucapkan selamat merayakan tahun baru 1443 Hijriyah bagi yang beragama Islam. Tentu dengan harapan semoga memasuki tahun baru ini akan semakin meningkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, dimudahkan segala urusan, serta mempertebal keikhlasan kita untuk berkorban demi sesama,” tuturnya.

Tak lupa beliau mengingatkan untuk terus menjaga kesehatan, karena Covid 19 dengan berbagai variannya masih terus menyerang. “Jumlah mereka yang terpapar belum juga menunjukkan tanda-tanda akan melandai. Oleh karena itu kita harus mendukung upaya pemerintah dalam mengurangi penyebarluasan dan penularan covid-19 melalui pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM di seluruh wilayah Indonesia. Dukungan tersebut dapat diwujudkan dalam bentuk pembatasan pergerakan kita selaku pribadi menerapkan 5 m yaitu memakai masker mencuci tangan dengan sabun cara menghindari kerumunan dan membatasi mobilitas secara konsisten,” ajak Eny Yaqut.

Acara dilanjutkan dengan dzikir dan doa keselamatan bangsa yang dipimpin oleh Prof. Dr. H. Said Agil Husin Al Munawar, M.A.

Di tempat terpisah, usai mengikuti Webinar Nasional. Ketua DWP Kemenag Kab. Bengkulu Tengah Miniarti Sipuan, S.Pd sangat mengapresiasi kegiatan Doa Bersama ini. “Kegiatan ini sangat bagus dan tepat sebagai bentuk ikhtiar Kementerian Agama, khususnya DWP, dalam bermunajat kepada Allah Swt demi keselamatan bangsa Indonesia di tengah masa pandemi Covid-19. Semoga ikhtiar yang dilakukan ini, dapat diijabah oleh Allah SWT,” ujar Miniarti.

Selaku Ketua DWP Kantor Kemenag Kab. Bengkulu Tengah Miniarti Sipuan, S.Pd juga memberikan informasi dan arahan kepada pengurus yang mendampingi untuk selalu menerapkan Protokol Kesehatan 5 M dimanapun berada baik di lingkungan keluarga dan masyarakat, dan ikut mensosialisasikan SE Menag RI No. 23 Tahun 2021.

Bagikan :