17 Siswa MAN 1 Model Bengkulu Ikuti Penjaringan Peserta Olimpiade Bahasa Arab (Kombanas) 2021

17 Siswa MAN 1 Model Bengkulu Ikuti Penjaringan Peserta Olimpiade Bahasa Arab (Kombanas) 2021

Kota Bengkulu (Humas)-Sebanyak 17 orang peserta didik Madrasah  Aliyah Negeri (MAN) 1 Model Bengkulu  diseleksi untuk penjaringan Peserta Olimpiade Nasional Bahasa Arab Tingkat SMA/MA sederajat yang diadakan Forum Musyawarah Guru Mata Pelajaran (FMGMP) Bahasa Arab se-Indonesia Tingkat  Madrasah, pada Selasa 10 Agustus 2021 pukul 09.30 WIB, bertempat di  Ruang Laboratorium Komputer MAN 1 Model Bengkulu.

Salah satu guru mata pelajaran Bahasa Arab MAN 1 Model Bengkulu, Muswardi, M.Pd.I. menuturkan berdasarkan Panduan Pelaksanaan yang diterima pihak  madrasah, Olimpiade Nasional Bahasa Arab  diselenggarakan selain sebagai syiar Bahasa Arab di Indonesia, juga bagian dari upaya untuk mempererat Ukhuwah Islamiyah-Wathaniyah, membentuk rasa percaya diri,  dan meningkatkan kemampuan pelajar bahasa Arab di Indonesia.

“Melalui Olimpiade ini diharapkan potensi dan bakat pelajar Bahasa Arab  dapat dimotivasi dan difasilitasi, sehingga berkembang dengan baik dan dapat terus ditingkatkan secara berkelanjutan”,ujar Muswardi.

Seleksi Olimpiade dilakukan berjenjang melalui tahapan Penjaringan Peserta tingkat Madrasah, Seleksi tingkat Kota/Kabupaten, Seleksi tingkat Provinsi dan Grand Final. “Para peserta dibagi menjadi empat kategori, yaitu kategori SMA/SMK Negeri,  SMA/SMK Swasta, MA Negeri dan Swasta serta kategori SMP/MTs sederajat”,tambah Muswardi.

Terkait tahapan Olimpiade, Guru Bahasa Arab MAN 1 Model Bengkulu  tersebut juga menjelaskan masing-masing lembaga berhak mengirimkan maksimal 50  peserta pada sesi Penjaringan.Peserta yang dinyatakan sebagai 10  terbaik dari masing masing lembaga, berhak mengikuti Seleksi tingkat Kota/Kabupaten, Selanjutnya peserta 3 Besar akan mengikuti seleksi tingkat Provinsi.

“Terakhir, Juara 1 dan 2 tiap tiap kategori di masing masing Provinsi berhak mewakili ke tingkat Nasional”,jelas Muswardi.

Untuk seleksi penjaringan tingkat madrasah ini dilakukan secara online. Namun dari 17 siswa MAN 1 Model yang hadir langsung di Laboratorium Komputer hanya 15 orang, dan sebanyak 2 peserta seleksi Olimpiade  Bahasa Arab ini melakukan seleksi dari jarak jauh (dari Kabupaten Mukomuko dan Kepahiang) yang dipantau secara langsung melalui aplikasi Google Meet oleh panitia.

Usai kegiatan, salah seorang siswa yang  tidak ingin disebutkan namanya mengaku keikut sertaan dirinya pada ajang Olimpiade ini selain untuk menguji kemampuan Bahasa Arab, juga untuk menambah pengalaman.

“Persaingannya cukup ketat,  tapi saya bertekad berusaha semaksimal mungkin. Semoga saya berhasil lolos ke tingkat Kota. Mohon doa restu dari semuanya”.   Tutupnya.

Kepala MAN 1 Model Bengkulu Faisal Abdul Aziz, M.Ag. mengatakan bahwa Beliau  sangat mendukung dengan adanya penyeleksian tersebut.   

“Seleksi ini diikuti sebanyak 17 siswa kita, mudah mudahan siswa kita dapat menjadi yang terbaik. Sehingga dapat mewakili Provinsi Bengkulu ke Tingkat Nasional. Sebagai Kepala Madrasah Saya sangat mendukung dengan kegiatan ini untuk meraih prestasi dalam OlimpiadeNasionalBahasa Arab”,tutup Faisal.  (TimHumasMAN1/Popi)

Bagikan :