Peduli Siswa, MAN 1 Model Kota Bengkulu Laksanakan Layanan Home Visit

Peduli Siswa, MAN 1 Model Kota Bengkulu Laksanakan Layanan Home Visit

Kota Bengkulu (Humas)-Pelaksanaan kegiatan belajar mengajar (KBM) tahun ajaran 2021/2022 telah berlangsung kurang lebih memasuki minggu keempat. Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Model Kota Bengkulu  masih melakukan kegiatan pembelajaran full time secara Daring melalu Website E-Learning madrasah  berdasarakan Surat Edaran Walikota Bengkulu.

Berdasarkan laporan pengamatan guru piket dan wali kelas selama 4 minggu ini,  ada beberapa siswa yang kurang aktif dalam mengikuti pembelajaran Daring  dari rumah, siswa tersebut tidak mengikuti kegiatan pembelajaran tanpa ada keterangan apapun, bahkan sulit untuk dihubungi. Hal ini membuat wali kelas berkoordinasi dengan BK dan Tim Kesiswaan MAN 1 Model Bengkulu untuk melakukan tindakan cepat dalam mengantisipasi ketidak aktifan siswa selama pelaksanaan pembelajaran. Adapun salah satu upaya dengan cara memberikan layanan Home Visit. 

“Layanan home visit merupakan wujud perhatian dan kasih sayang guru  kepada siswanya, dalam hal ini kepada siswa dan siswi yang mengalami kendala tidak dapat mengikuti kegiatan pembelajaran dalam hal ini pembelajaran Daring”. Terang Risma,  S.Sos. selaku Wakil Kepala Bidang Kesiswaan.

Layanan home  visit ini dilaksanakan pada hari Selasa, 3 Agustus 2021, dengan   berkoordinasi langsung dengan perwakilan tim kesiswaan, Soewanto Jaya,S.Pd., perwakilan tim humas sekaligus wali kelas siswa, Yenni Thamrin, S.Pd., dan perwakilan guru BK Kelas 12, Intan Baiduri, S.Pd.

Setelah pelayanan home  visit dilaksanakan, didapati fakta bahwa siswa memiliki permasalahan minimnya akses internet. Solusi yang diberikan kepada siswa yaitu menyarakan menggunakan HP Android yang dimiliki oleh saudara serumahnya dan mengajak siswa tersebut agar  semakin semangat dalam mengikuti kegiatan pembelajaran ditahun terakhir dia di madrasah, serta mengajak wali siswa untuk berkerjasama dalam memantau anak didik tersebut.Terpisah, Kepala MAN 1 Model Bengkulu Faisal Abdul Aziz,  M.Ag. ditemui diruang kerjanya pada Rabu Siang, 3 Agustus 2021 menyampaikan.

“Pagi tadi tim kita sudah melakukan layanan home visit ke rumah salah satu murid kita di Manna, Bengkulu Selatan, yang  mengalami kendala selama pelaksanaan kegiatan belajar mengajar Daring ini. Semoga dengan terlaksananya pelayanan Home  Visit ini para siswa dapat menjadi lebih aktif mengikuti pembelajaran dan semoga pelayanan Home Visit ini menjadi penghubung yang efektif antara guru dan siswa, apalagi dalam suasana masa Pandemi Covid-19 seperti ini”, tutup Faisal. (TimHumasMAN1/Popi)

Bagikan :