Kakanwil Nilai, Prof. Sirajuddin Sukses Pimpin IAIN Bengkulu

Kakanwil Nilai, Prof. Sirajuddin Sukses Pimpin IAIN Bengkulu

BENGKULU --- Kakanwil Kemenag Dr. H. Zahdi Taher.,M.HI menilai Prof. Dr. H. Sirajuddin M., M.Ag.,M.H. sukses memimpin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Bengkulu. Selama menjadi Rektor, Sirajuddin sudah berhasil mengantarkan Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) menjadi IAIN, bahkan saat ini telah bertransformasi menjadi Universitas Islam Negeri (UIN) Fatmawati.

‘’Ini prestasi besar yang harus apresiasi,’’ kata Kakanwil ketika menghadiri acara pisah sambut dan serah terima jabatan Plt. Rektor dari Sirajuddin kepada Dr. H. Zulkarnain Dali M.Pd di Kampus IAIN Bengkulu. Senin, (2/8).

Yang sangat membanggakan menurut Zahdi, Perubahan status IAIN menjadi UIN yang tertuang dalam Peraturan Presiden (Perpres) Republik Indonesia Nomor 45 Tahun 2021 tentang Universitas Islam Negeri Fatmawati Sukarno Bengkulu.

‘’Karenanya,harapan saya Plt.Rektor harus banyak belajar dengan beliau,’’ pinta Zahdi.

Terutama dalam perjuangan membangun kampus yang modern, yang memiliki daya saing ditingkat nasional. Namun Kakanwil mengaku, pengembangan sarana dan prasarana saat ini sudah baik.

‘’Tentu harapan kita, IAIN kedepan akan lebih baik, maju dan lebih terbuka,’’ ujar Zahdi.

Dalam kesempatan tersebut, Kakanwil juga mengharapkan kedepan UIN harus berkontribusi untuk melahirkan guru besar. Mengingat hingga saat ini, kampus kebanggaan masyarakat tersebut,  masih kekurangan guru besar.

‘’ Indikator sebuah Perguruan Tinggi yang maju adalah lahirnya guru-guru besar. Dengan lahirnya banyak Guru Besar, diharapkan bisa meningkatkan karir individual serta turut membangun kampus,” sambung Zahdi.

Pihaknya siap berkontribusi membantu dalam menguatkan integrasi ilmu pengetahuan di UIN.

‘’Terutama dalam menjalin sinergitas menarik input terbaik dari lulusan madrasah,’’ tegas Kakanwil yang juga Ketua Ikatan Alumni IAIN Bengkulu ini.

Plt.Rektor mengaku siap menjalin sinergitas, kolaborasi dengan Kemenag dalam mengembangkan kampus tercinta ini menjadi lebih baik.

‘’Bapak Kakanwil telah berkomitmen akan membantu. Dan ini kolaborasi yang siap kami sambut, demi kemajuan UIN yang maju dan berkualitas,’’ beber Plt. Rektor.

Zulkarnain Dali juga mengapresiasi semangat Kakanwil dalam mendorong alumni Madrasah Aliyah Negeri Insan Cendekia, dan Madrasah Aliyah yang lain di Provinsi Bengkulu khususnya, dengan berbagai diversifikasinya, untuk melanjutkan ke UIN Fatmawati.

‘’Kami siap, dan kami sangat berterimakasih atas kerjasama yang baik ini. Karena dengan perubahan bentuk IAIN menjadi UIN ini, memberi mandat bagi civitas akademika bahwa transformasi dilakukan dalam rangka memenuhi tuntutan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan proses integrasi ilmu Agama Islam dengan ilmu lain serta mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas,’’ pungkas Plt. Rektor.

Sementara itu dikesempatan yang sama Prof. Dr. H. Sirajuddin M., M.Ag.,M.H mengucapkan terimakasih atas dukungan dan kerjasama selama ini. Terutama dalam memperjuangkan kenaikan status IAIN menjadi UIN.

" Semoga ini juga dapat menjadi kebanggan seluruh masyarakat Bengkulu, dan saya dan keluarga juga terima kasih kepada seluruh pihak yang selama ini membantu mewujudkan hingga IAIN bisa maju dan berkembang seperti saat ini,’’ demikian Sirajuddin. (Tatang)

Bagikan :