Masa Pandemi Covid-19, MAN RL Terapkan PJJ Terstruktur

Masa Pandemi Covid-19, MAN RL Terapkan PJJ Terstruktur

Rejang Lebong (Humas) – Di masa pandemi Covid 10, MAN Rejang Lebong menerapkan sistem Pembelajaran Jarak Jauh terstruktur terhitung mulai hari Senin (26/7). Sistem PJJ terstruktur ini memanfaatkan aplikasi Zoom Meeting untuk setiap guru maupun siswa.

Sebelumnya, sistem pembelajaran jarak jauh dilaksanakan dengan memanfaatkan berbagai perangkat, seperti ponsel, laptop ataupun PC serta menggunakan aplikasi yang berbeda, seperti WhatsApp, Zoom Meeting, Google Meet serta Telegram tergantung dengan kebijakan guru yang mengampu mata pelajaran.

Pihak MAN RL menyiapkan ruang multimedia menjadi ruangan untuk guru-guru mengajar melalui Zoom Meeting. Sebanyak 25 komputer yang ada di ruangan tersebut digunakan untuk mengajar siswa yang terbagi ke dalam 25 kelas baik kelas X, XI maupun XII, sehingga satu komputer digunakan khusus untuk mengajar 1 kelas.

Kepala Madrasah, H. Yusrijal, M.Pd., menyampaikan bahwa hal ini dinilai cukup efisien. Pertama, system ini bisa menghemat penggunaan kuota internet mapun media mengajar yang digunakan oleh guru, bisa mempererat koordinasi dan komunikasi antar guru, serta mempermudah dan meningkatkan kontrol dan pengawasan guru oleh kepala madrasah.

“PJJ Terstruktur ini merupakan sebuah inovasi hasil kesepakatan bersama. Selama pelaksanaan pembelajaran jarak jauh sebelumnya, banyak keluhan yang diutarakan oleh dewan guru, sehingga beberapa waktu yang lalu, kami melaksanakan rapat, dan mendapat putusan untuk menerapkan system baru yang tujuannya mempermudah dan menyamakan persepsi dalam melaksanakan pembelajaran selama masa pembelajaran daring ini,” jelas Yusrijal. (Royhan)

 

 

Bagikan :