MAN 2 Kota Bengkulu Laksanakan Pemotongan Qurban 1442 H Sesuai SE Menag

MAN 2 Kota Bengkulu Laksanakan Pemotongan Qurban 1442 H Sesuai SE Menag

Kota Bengkulu (Humas)-Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu melaksanakan penyembelihan Hewan Kurban Idul Adha 1442 H/2021 M pada hari Kamis 22 Juli 2021 lalu.  Bertempat di halaman MAN 2, pemotongan hewan kurban ini dihadiri oleh Kepala MAN 2 Kota Bengkulu, Karmila, M.Pd, dewan guru, Kepala Tata Usaha Nizan Syakrani dan panitia kurban.

Sebanyak 3 ekor sapi disembelih pada momen tersebut. Pemotongan hewan kurban tersebut dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Seluruh panitia wajib menggunakan masker dalam proses penyembelihan hingga pendistribusian daging qurban sebagaimana yang diamanatkan dalam Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 tahun 2021.

“Dengan adanya kegiatan ini kita dapat mengambil hikmahnya, belajar dari sejarah keteladanan Nabi Ibrahim AS dan keluarganya serta menjadikan kegiatan tersebut sebagai sarana pembelajaran dalam mempraktekkan amalan–amalan berkurban dalam kehidupan sehari hari”. Ujar Karmila selaku Kepala MAN 2 Kota Bengkulu.

Ketua Panitia Kurban, Kurniadi Supurnama, M.Pd mengatakan, kegiatan penyembelihan hewan kurban ini melibatkan panitia dari guru, tata usaha serta siswa, terutama Organisasi Siswa Intra Madrasah (OSIM). Kegiatan ini bertujuan untuk pembelajaran bagi siswa MAN 2 Kota Bengkulu tentang bagaimana cara menyembelih hewan kurban yang baik dan benar menurut Islam, serta kepada siapa saja hewan ini dibagikan. Disamping itu pelaksanaan penyembelihan hewan kurban ini selain untuk ibadah semata karena Allah SWT juga bertujuan untuk mempererat silaturahmi warga madrasah dan masyarakat sekitarnya.

”Kita berharap tahun berikutnya, semoga Allah SWT memberikan nikmat kesehatan dan rizki kepada kita semua. Sehingga kita dapat melaksanakan pemotongan hewan kurban dan ada peningkatan jumlah pesertanya”,tutup Kurniadi.

Pada kesempatan yang sama, humas MAN 2 Kota Bengkulu, Herwin Cahyadi, M.Pd menyampaikan bahwa teknis penyembelihan hewan kurban dan pembagian daging dilakukan sesuai dengan Surat Edaran Menteri Agama Nomor 17 Tahun 2021, dimana panitia langsung membagikan daging kurban kepada warga yang berhak menerima. Daging hewan kurban didistribusikan kepada penerima sebanyak 225 kantong yang terdiri dari guru, tata usaha, siswa-siswi dan masyarakat sekitar madrasah. (Herwin/HumasKota)

Bagikan :