Masa Pandemi MAN 1 Model Kota Bengkulu Mulai Pembelajaran Daring TP 2021/2022

Masa Pandemi MAN 1 Model Kota Bengkulu Mulai Pembelajaran Daring TP 2021/2022

Kota Bengkulu (Humas)-Pandemi Covid-19 telah menuntut kita untuk menyesuaikan diri dan melakukan banyak perubahan. Salah satunya adalah pembelajaran tatap muka yang beralih secara online atau biasa disebut daring. Seperti yang dilaksanakan oleh salah satu lembaga pendidikan, Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 1 Model kota Bengkulu.

MAN 1 Model Kota Bengkulu yang beralamat di Jalan Cimanuk memulai kembali pembelajaran Tahun Pembelajaran 2021/2022 dengan mengubah teknik belajar siswa dan cara mengajar guru dari tatap muka menjadi daring (online) yang sudah berjalan selama 3 semester..

Kebijakan mengajar guru dari rumah dan belajar siswa dari rumah menuai banyak  tanggapan. Pasalnya metode belajar satu arah seperti guru memberi tugas dan murid mengerjakan dinilai kurang efektif.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum MAN 1 Model Bengkulu, Brenny Nofriansyah, P.hd. mengatakan.“Dalam menghadapi pembelajaran daring (online) MAN 1 Model Kota Bengkulu menyediakan website E-Learning yang dapat di akses oleh guru dan siswa untuk membuat suasana belajar menjadi lebih efektif. Melalui website ini guru dapat membuka kelas daring, melakukan absensi siswa bahkan dapat melakukan percakapan didalam website tersebut”,terang Brenny.

Lebih jauh Brenny mengatakan“Selain itu, beberapa guru juga mengajar melalui aplikasi video converence yg memudahkan guru dalam menjelaskan materi secara langsung”. Terang Brenny.

Seorang siswa MAN 1 pun ikut menyampaikan pendapatnya mengenai solusi pembelajaran yang dilakukan oleh MAN 1 Kota Bengkulu.

"Awalnya sistem guru yg memberikan tugas dan siswa mengerjakan terasa membosankan dan menjadi beban bagi para siswa. Dengan adanya website E-Learning yang diluncurkan oleh pihak sekolah MAN 1 Model Kota Bengkulu, sedikit memudahkan siswa dalam mengerjakan tugas, serta dengan adanya metode pengajaran melalui video, video converence memudahkan siswa dalam memahami materi pembelajaran yang diberikan oleh guru", tuturnya.

Terpisah, Kepala MAN 1 Model, Faisal Abdul Aziz, yang ditemui diruang kerjanya mengatakan.“Untuk saat ini pada masa Pandemi Covid-19 ini, pembelajaran daring adalah salah satu alternatif guru dalam memberikan pembelajaran kepada siswa dengan harapan mudahan pandemi ini cepat berlalu”,tutup Faisal. ( humasman1/Popi)

Bagikan :