Pertama Kali Dilakukan Secara Online, STQH Tingkat Provinsi Bengkulu Berjalan Lancar

Pertama Kali Dilakukan Secara Online, STQH Tingkat Provinsi Bengkulu Berjalan Lancar

Bengkulu (Humas) - Seleksi Tilawatil Quran dan Musabaqah Al-Hadits (STQH) seyogyanya diadakan secara langsung dan meriah, namun tidak pada edisi tahun 2021 ini. Kegiatan yang biasanya dihadiri banyak peserta dari berbagai daerah di Provinsi Bengkulu, terpaksa diadakan secara online/daring, Sabtu (10/7).

Demi menjaga kegiatan ini agar berjalan dengan baik namun tetap mengikuti protokol kesehatan, panitia pelaksana yang terdiri dari Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ), Pemerintah Daerah (Pemda), dan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Bengkulu sepakat mengadakan STQH ini secara online/daring. Tujuan diadakannya acara ini adalah selain salah satu program Pemerintah dalam bidang agama, juga sebagai upaya pemetaan potensi putra-putri Bengkulu untuk menghadapi event Nasional yang akan dilaksanakan di Maluku Utara.

Dalam sambutannya pada acara pembukaan yang dilaksanakan sehari sebelumnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kakanwil Kemenag) Dr. H. Zahdi Taher, M.HI menyampaikan kepada seluruh peserta untuk mengeluarkan potensi terbaiknya.

"Kepada seluruh peserta, selamat bertanding, semoga bisa menampilkan kemampuannya secara maksimal," ujar Kakanwil.

Pada kesempatan yang sama, Kakanwil tidak lupa menyampaikan kepada seluruh peserta dan panitia penyelenggara untuk tetap mengikuti Protokol Kesehatan, terutama kepada peserta yang berada disatu titik di masing-masing daerah.

 

Dr. H. Zahdi juga berharap dengan diadakannya seleksi ini secara daring tidak mengurangi kualitas seleksi itu sendiri, sehingga didapatkan qori-qoriah, hafid-hafidzah yang berkualitas dan mampu bersaing pada ajang Nasional.

Seleksi yang diadakan secara daring ini diikuti oleh 79 peserta yang mewakili daerah pada 10 Kabupaten/Kota di Provinsi Bengkulu. Adapun cabang yang dilombakan antara lain:
1. Cabang Tilawah Al-Quran golongan anak-anak putra dan putri
2. Cabang Tilawah Al-Quran golongan dewasa putra dan putri
3. Cabang Hifzil Quran golongan 10 juz putra dan putri
4. Cabang Hifzil Quran golongan 20 juz putra dan putri
5. Cabang Hifzil Hadits golongan 100 hadits putra dan putri

Pada pelaksanaannya, STQH ini berjalan dengan lancar tanpa hambatan berarti, sehingga setelah melalui seleksi yang dilaksanakan sehari penuh, didapatkan juara 1-3 pada masing-masing cabang lomba. Adapun pemenang pada masing-masing cabang, akan mewakili Provinsi Bengkulu untuk dilombakan kembali pada ajang Nasional di Maluku Utara yang direncanakan akan dilaksanakan pada bulan Oktober.

Dalam pembukaan STQH 2021 ini turut hadir Walikota/Bupati se-Provinsi Bengkulu, Kepala Kemenag se-Provinsi Bengkulu, Pengurus LPTQ Kabupaten/Kota, Pemerintah Daerah, official dan peserta melalui zoom meeting. (Anugrah)

Bagikan :