MAN 1 Mukomuko Raih Juara 1 Perpustakaan Terbaik Kabupaten Mukomuko Tahun 2021

MAN 1 Mukomuko Raih Juara 1 Perpustakaan Terbaik Kabupaten Mukomuko Tahun 2021

Mukomuko (Humas) - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah (Diskapda) Kabupaten Mukomuko mengadakan lomba perpustakaan tingkat Desa dan SLTA. Perlombaan ini diikuti oleh seluruh Desa dan SMA/MA serta SMK yang ada di Kabupaten Mukomuko. Perlombaan sudah dilakukan sejak beberapa bulan yang lalu, yang langsung dinilai oleh team penilai dari perpustakaan daerah.

Beberapa hari yang lalu berlokasi di Kantor Diskapda Kabupaten Mukomuko pengumuman pemenang dan pemberian hadiah berlangsung seluruh perwakilan peserta berkumpul dengan agenda pengumuman juara perlombaan Perpustakaan tingkat Desa dan SLTA.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kabupaten Mukomuko, Jodi, S.Pd, S.Ip mengatakan, setelah melalui berbagai tahapan penilaian, akhirnya tim penilaian telah mendapatkan juara perlombaan Perpustakaan tingkat Kabupaten Mukomuko tahun 2021. Untuk tingkat SLTA, Juara pertama diraih oleh Perpustakaan MAN 1 Mukomuko di Kecamatan Ipuh, Juara Kedua Perpustakaan SMAN 1 Mukomuko di Kecamatan Kota Mukomuko dan Juara Ketiga yakni SMAN 5 Mukomuko di Kecamatan Lubuk Pinang.

”Setelah melalui beberapa tahapan, tim yang melakukan penilaian telah mendapatkan juara untuk perlombaan Perpustakaan tingkat Desa dan SLTA. Kami ucapkan selamat kepada pemenang ,” ujar Jodi.

Jodi menambahkan, tujuan diadakannya lomba Perpustakaan tingkat Desa dan SLTA ini merupakan salah satu bentuk modernisasi perpustakaan yang akan dikembangkan menjadi perpustakaan digital. Namun proses yang dijalani masih cukup panjang mengingat banyaknya perpustakaan yang ada di Kabupaten Mukomuko. Untuk tahun ini beberapa perangkat telah disiapkan untuk menjadi sampel perpustakaan digital namun dirinya masih mengupayakan agar tahun depan seluruh perpustakaan yang ada di Kabupaten Mukomuko telah beroperasi secara digital.

”Ini merupakan salah satu langkah untuk mengembangkan perpustakaan menjadi perpustakaan digital. Tujuannya untuk mempermudah akses pembaca yang mayoritas sudah melek teknologi. Saat ini kami sudah memiliki beberapa perangkat yang akan menjadi sampel perpustakaan digital dan kami akan berusaha untuk tahun depan seluruh perpustakaan di Kabupaten Mukomuko telah beroperasi secara digital,” tambah Jodi.

Terpisah, Kepala MAN 1 Mukomuko Nursyamsiah,M.Pd mengapresiasi atas capaian prestasi yang diperoleh Perpustakaan MAN 1 Mukomuko mendapat Juara 1 perlombaan Perpustakaan tingkat SMA, MA dan SMK se-Kabupaten Mukomuko. Perolehan MAN 1 Mukomuko sekaligus sudah mengharumkan nama madrasah di Kabupaten Mukomuko, saya mengucapkan terimakasih kepada Kepala Perpustakaan MAN 1 Mukomuko beserta staf atas pencapaian ini. Semoga ke depan terus diikuti oleh madrasah-madrasah lain dalam upaya menjadikan madrasah hebat bermartabat, khususnya di Kabupaten Mukomuko,” ungkapnya. (web* Nurman)

Bagikan :