Kakanwil Apresiasi, Kemenag Lima Kali Diganjar WTP

Kakanwil Apresiasi, Kemenag Lima Kali Diganjar WTP

BENGKULU (HUMAS) --- Kakanwil Drs. H. Zahdi Taher.,M.HI mengapresiasi jajaran Kemenag yang kembali meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas laporan keuangan Kementerian Agama tahun anggaran 2020.

Ini merupakan kali kelima Kemenag berhasil memperoleh opini tersebut atas laporan keuangan yang disampaikan.

‘’Atas nama keluarga besar Kemenag di Bengkulu, kami mengucapkan selamat dan apresiasi atas capaian ini. Semoga prestasi ini, terus kita pertahankan,’’ kata Kakanwil.

Mengutip pernyataan Menag Yaqut melalui akun Twitternya @YaqutCQoumas, Rabu (9/6/2021) petang. Kakanwil juga meminta jajaran Kemenag di Bengkulu agar tidak berpuas diri atas capaian tersebut.

"Karenanya, mari kita terus kerja, kerja dan kerja,’’ pinta Zahdi.

Kerja tidak hanya datang ke kantor, lalu diam. Tetapi Zahdi meminta jajarannya agar terus berinovasi memberikan yang terbaik untuk Kemenag.

‘’Tentu salah satunya fokusnya adalah memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,’’ pungkas mantan Kepala Biro Administrasi Umum, Akademik, dan Kemahasiswaan IAIN Metro itu.

Dalam kesempatan ini, Kakanwil juga kembali meminta kepada jajarannya agar meningkatkan kualitas laporan pengelolaan keuangan negara, terkhusus di jajaran Kemenag Bengkulu.

‘’Dengan pengelolaan keuangan yang baik, bukti kita mendukung dan mempertahankan opini WTP,’’ ujar Zahdi.

Sebagai upaya mempertahankan opini tersebut, Kakanwil berkomitmen siap menjalankan tiga semangat baru seperti yang amanah Menag RI. Pertama, manajemen pelayanan dan tata kelola birokrasi yang harus semakin baik, termasuk di dalamnya pelayanan penyelenggaraan haji dan umrah, pendidikan agama dan keagamaan, serta pusat pelayanan keagamaan.

Kedua, penguatan moderasi beragama. Salah satu penekanan moderasi beragama adalah pada penguatan literasi keagamaan, budaya toleransi, dan nilai-nilai kebangsaan.

Ketiga, persaudaraan, yang meliputi merawat persaudaraan umat seagama, memelihara persaudaraan sebangsa dan setanah air dan mengembangkan persaudaraan kemanusiaan.

Dengan tiga semangat baru Kemenag tersebut, selanjutnya Menag menetapkan beberapa program prioritas. Di antara program prioritas yang telah berjalan saat ini adalah Revitalisasi KUA, Kemandirian Pesantren, serta Penguatan Moderasi Beragama.

‘’Keluarga besar jajaran Kemenag di Bengkulu siap mendukung dan menjalankan amanah ini.Karenanya, saya mengajak aparatur di Bengkulu mari kita sukseskan program prioritas tersebut,’’ demikian Kakanwil.

 

Penulis : Tatang Wss

 

Bagikan :