Pastikan Arah Kiblat, Tim Kemenag BU Lakukan Kalibrasi

Pastikan Arah Kiblat, Tim Kemenag BU Lakukan Kalibrasi

Bengkulu Utara (Humas) - Untuk memastikan arah kiblat berdasarkan permintaan dari sejumlah pengurus masjid dalam wilayah Kabupaten Bengkulu Utara (BU), Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten BU H. Ajamalus, dengan didampingi oleh Kepala Penyelenggara Zakat Wakaf H.Tirta Winata, Kepala Seksi (Kasi) Bimbingan Masyarakat Islam (Bimas Islam) Hamid Muhakam, Kepala Kantor Urusan Agama (Ka.KUA) Kecamatan, dan pengurus masjid setempat, serta tim dari Kemenag BU lakukan kalibrasi (pengukuran), diantaranya yaitu 1 buah di Kecamatan Lais, 3 buah di Kecamatan Tanjung Agung Palik, dan 3 buah di Kecamatan Air Napal beberapa waktu lalu.

“Dari sejumlah masjid yang telah dilakukan kalibrasi, hanya 1 buah masjid yang pas arah kiblatnya, yaitu masjid yang terletak di Kecamatan Air Napal, sedangkan 6 lainnya dalam posisi agak bergeser beberapa derajat dari arah kiblat yang sebenarnya,” jelas H. Tirta Winata.

Sementara itu, Kakan Kemenag BU mengemukakan bahwa dengan telah dilakukannya pengukuran dan diketahui arah kiblat tersebut, maka diharapkan kepada segenap pengurus masjid dan masyarakat dalam wilayahnya masing-masing untuk dapat mempedomaninya.

“Mohon dimusyawarahkan terlebih dahulu, sehingga nanti tidak menjadi permasalahan dikemudian hari, yang jelas kami dari Kemenag telah menentukan dan melaksanakan tugas sesuai tupoksi,” ujarnya.

Disisi lain, senada dengan yang disampaikan oleh Kakan Kemenag BU, Kasi Bimas Islam Hamid Muhakam, juga mengemukakan bahwa sesuai permintaan dari sejumlah pengurus masjid untuk melakukan kalibrasi arah kiblat, maka tugas tersebut telah dilaksanakan oleh pihaknya, terlepas nantinya terdapat perbedaan dan tanggapan dari masyarakat.

“Agar tidak terjadi perselisihan ditengah-tengah masyarakat, maka kepada segenap pengurus masjid yang masjidnya telah dilakukan pengukuran, mohon dimusyawarahkan terlebih dahulu,” harapnya. {Erfin Bastary}

Bagikan :