MTsN 1 Seluma Ukur Arah Kiblat Masjid Babul ’Ilmi

MTsN 1 Seluma Ukur Arah Kiblat Masjid Babul ’Ilmi

Seluma (Humas) Pasca peresmian/peletakan batu pertama Masjid Babul ‘Ilmi MTsN 1 Seluma pada acara puncak FANDENTION CUP ke-2 (April lalu), selanjutnya pada Rabu, 2 Juni 2021 panitia pembangunan masjid melakukan pengukuran arah kiblat.

Kegiatan ini dilakukan sebagai tanda dimulainya proses pembangunan masjid yang beralamat di lapangan madrasah, proses pengukuran arah kiblat ini dilakukan oleh kepala KUA Kecamatan Lubuk Sandi Sutriman, M.H.I., dan disaksikan oleh kepala madrasah, dewan guru, Komite.

Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Lubuk Sandi Sutriman, M.H.I., melakukan pengukuran arah kiblat untuk pembangunan Masjid MTs N 1 Seluma, setelah diminta langsung oleh kepala madrasah. Hal ini dilakukan agar arah kiblat masjid nantinya benar-benar akurat sesuai dengan titik koordinatnya (arah, kemiringan dan drajatnya).

Sutriman mengaku bersyukur dan berterimakasih kepada panitia dan kepala madrasah atas kepercayaan yang diberikan kepadanya. Sutriman juga menyampaikan bahwasannya proses pengukuran arah kiblat ini sangatlah penting, mengingat itu adalah salah satu syarat sah pelaksanaan shalat.  “Satu drajat saja arah kiblat bergeser itu sudah fatal, karena bisa melenceng sampai 120 KM dari Ka’bah”. ungkat Sutriman.

Sementara itu kepala MTsN 1 Seluma Emi Sudarmi, M.Pd.I., menyampaikan bahwasannya arah kiblat menjadi ketentuan yang harus dipenuhi oleh umat muslim untuk melaksanakan sholat, dan ini harus tepat dalam perhitungannya. “Untuk itu dalam perhitungannya kita menggandeng KUA Lubuk Sandi, karena memang dari KUA memiliki alat kompas dari Kementerian Agama RI dan sesuai ketentuan ilmu falakiyah Indonesia”. Kata Emi.

Emi juga menyampaikan ucapan terimaksih kepada komite/walimurid, donatur dan semua pihak yang telah membantu hingga proses ini bisa terlaksana. Emi juga berharap agar nantinya pembangunan masjid ini bisa berjalan lancar dan membawa keberkahan sehingga dapat dimanfaatkan sebagai sarana ibadah bagi siswa-siswi MTsN 1 Seluma. “Kita juga masih membuka/menerima infak, shodaqoh dalam bentuk apapun dari para dermawan yang ingin menyalurkan hartanya untuk proses pembangunan masjid ini. Bisa langsung menghubungi panitia atau melalui nomor rekening 1193082906 Bank Syariah Indonesia atas nama Musholla Babul Ilmi”. Tutup Emi. ( HW)

Bagikan :