Kemenag Kepahiang Gelar Pembinaan EMIS

Kemenag Kepahiang Gelar Pembinaan EMIS

Kepahiang (Humas) --- Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang melaksanakan Pembinaan dan Pengelolaan EMIS 4.0,di Hotel Syandika Kepahiang,  kamis, (5/6). Pembinaan dibuka secara resmi oleh Kakankemenag Kepahiang dalam hal ini di wakilkan oleh Kasi Pendidikan Madrasah Rusiati, S.Ag,

Pembinaan bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan madrasah Dilingkungan Kankemenag Kepahiang melalui pengelolaan data yang akurat dan tepat waktu.

‘’Oleh karenanya keakuratan data yang disajikan dalam aplikasi ini akan sangat mempengaruhi dalam penilaian kinerja dan perencanaan pendidikan madsarah untuk tahun yang akan datang,’’ kata Rusiati.

‘’Untuk itu kepada para operator supaya dapat mengikuti kegiatan ini dengan sebaik-baiknya agar dapat menjadi bekal pengetahuan dalam meningkatkan kualitas pendidikan madrasah dikabupaten Kepahiang,’’ lanjut Rusiati

Sementara Kasi Kelembagaan Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Okti Zuleni Sari yang turut hadir sekaligus menjadi narasumber kegiatan pembinaan menegaskan kepada Operator EMIS agar Bulan Data Pendidikan Islam digunakan untuk mengupdate data EMIS secara lengkap, akurat dan tuntas.

“Apabila menyinggung EMIS berarti itu adalah data, semua aspek bergerak dari data. Data landasan pembangunan nasional, yang memiliki relevansi dalam pendidikan memiliki data yang lengkap, semua bergantung pada data,”Jelas Okti.

“Seluruh Kepala RA dan Madrasah diwajibkan memberikan honor dan insentif tambahan kepada operator RA dan Madrasah selama pelaksanaan pemukakhiran Data EMIS 4.0 yang bersumber dari dana BOP-RA atau BOS Madrasah Tahun Anggaran 2021” terangnya.

Setelah itu Pembinaan ditutup secara resmi oleh Kakankemenag Kepahiang Arsan Suryani, S.Ag, M,Hi, menurutnya tujuan dari kegiatan ini agar para operator dapat memahami cara pengisian data EMIS, dengan harapan semua data yang diperlukan bisa akurat dan akuntabel.

“Data EMIS di Kemenag ini sangat penting dan besar peranannya, data pendidikan Madrasah yang dihasilkan dari sistem pendataan EMIS akan dijadikan sebagai dasar dalam proses perencanaan program dan anggaran pendidikan Madrasah, seperti perencanaan bantuan, sertifikasi, BOS, PIP dan lain-lain,”tegasnya.

Bagikan :