MTsN 1 Seluma Gelar Rapat Kelulusan Siswa Kelas IX Tahun Pelajaran 2020/2021

Seluma (Humas) Menindaklanjuti surat edaran dari Kantor Wilayah Kementerian Agama Propinsi Bengkulu Nomor: B-489/Kw.07.2/PP.00/05/2021, MTsN 1 Seluma menggelar rapat kelulusan dan perpisahan kelas IX Tahun Pelajaran 2020/2021 pada Kamis, 27 Mei 2021. Bertempat di ruang guru, rapat dimulai sejak pukul 09:00 WIB. Rapat dipimpin langsung oleh Kepala Madrasah, Waka Kurikulum dan diikuti oleh seluruh dewan guru serta staf TU.

Kegiatan rapat diawali dengan pengarahan oleh Kepala Madrasah. Dalam arahannya Emi Sudarmi, M.Pd.I mengajak semua pendidik untuk tetap semangat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, terlebih dalam suasana pandemi covid19.

Emi juga menambahkan dalam menentukan kelulusan, Beliau berharap para guru mata pelajaran bijaksana dalam memberikan nilai dan menentukan kelulusan peserta didik. “Apapun hasil rapat kita hari ini, harus kita pertanggungjawabkan secara bersama-sama. Standar kelulusan yang sudah disepakati, harus dijalankan sesuai yang semestinya”. Ujar Emi.

Pada kesempatan yang sama, kegiatan rapat dilanjutkan dengan paparan Wakil Kepala Madrasah bidang Kurikulum (Wakakur), Loksan Johadi, S.Pd. tentang kriteria kelulusan, nilai akhir peserta didik, dan waktu pelaksanaan pengumuman. Ada beberapa Kriteria Kelulusan yang disampaikan Waka Kurikulum dan disepakati pada rapat kelulusan kelas IX tersebut, antara lain:

  1. Menyelesaikan seluruh program pembelajaran dari kelas 7 sampai kelas 9
  2. Memperoleh nilai minimal Baik (KKM)
  3. Mengikuti dan Lulus ujian praktek
  4. Mengikuti dan Lulus ujian madrasah
  5. Berkelakuan baik dan kehadiran minimal 80%

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan/laporan dari wali kelas kelas 9A dan 9B tentang kriteria kelulusan siswa. Selanjutnya dilakukan pembahasan permasing-masing siswa oleh wali kelas dan guru mapel, terutama bagi beberapa siswa yang bermasalah, sebelum ditentukan siswa yang lulus dan tidak lulus.

Berdasarkan surat edaran, kelulusan peserta didik rencananya akan diumumkan pada tanggal 4 Juni 2021 mendatang. Adadupun teknis pengumumannya disepakati secara online melalui akun medsos resmi MTsn 1 Seluma. ( HW)

Bagikan :