KUA Kampung Melayu Gandeng Puskesmas dan Penyuluh Dalam Penasehatan Catin

KUA Kampung Melayu Gandeng Puskesmas dan Penyuluh Dalam Penasehatan Catin

Kota Bengkulu (Humas)-Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kampung Melayu Kota Bengkulu, dalam melaksanakan kegiatan pembinaan terhadap Calon Pengantin (Catin) yang akan melangsungkan pernikahan, telah menjalin kerjasama dengan Puskesmas Padang Serai dan Penyuluh Agama Islam (PAI) Fungsional Kecamatan Kampung Melayu yang kegiatannya dipusatkan di ruangan Penghulu/BP4 KUA Kampung Melayu pada Senin 31 Mei 2021.

Sayuti Haryono selaku Kepala KUA Kecamatan Kampung Melayu menjelaskan, bahwa kegiatan pembinaan Catin pada hari ini diikuti oleh 4 (empat) pasang Catin dan pembinaan Catin seperti ini rutin dilakukan setiap hari Senin.

Adapun tujuan pembinaan ini untuk memberikan penjelasan dan pemahaman kepada para Catin tentang perencanaan kehamilan, imunisasi TT, Anemia dan lain-lain yangg yang disampaikan langsung oleh Setiyo Rini, Amd , Keb, sebagai petugas yg ditunjuk oleh Puskesmas Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu. Sedangkan pemahaman dan penjelasan tentang hal-hal yang berhubungan dengan kesiapan dan tanggung jawab sebagai seorang istri dan suami yang akan mewujudkan keluarga sakinah, mawaddah dan warahma (SAMAWA) disampaikan oleh PAI Fungsional yang ada di Kecamatan Kampung Melayu.

"Para catin  Kita berikan penjelasan dan pemahaman tentang perencanaan kehamilan, imunisasi TT, Anemia dan lain-lain yg yang disampaikan langsung oleh petugas yg ditunjuk oleh Puskesmas Padang Serai Kecamatan Kampung Melayu. Sedangkan pemahaman tentang prosesi Ijab dan Qabul dan berhubungan dengan tanggung jawab sebagai calon istri dan suami dalam membina rumah tangga yang SAMAWA disampaikan oleh para PAI Fungsional kita",jelas Sayuti.

Ditambahkan Sayuti “KUA Kecamatan Kampung Melayu dalam melakukan penasehatan tetap dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat seperti mencuci tangan sebelum para Catin masuk ke ruang penasehatan, wajib menggunakan masker, menjaga jarak dan mengurangi interaksi fisik selama kegiatan berlangsung. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung program Menteri Agama dalam penerapan Protokol kesehatan 5 M’,tutup Sayuti.

Terpisah, Setiyo Rini, Amd , Keb. Selaku petugas dari Puskesmas Padang Serai Kec. Kampung Melayu menjelaskan bahwa, penjelasan terhadap pasangan yang akan melangsungkan pernikahan (para Catin) khususnya masalah program perencanaan kehamilan, imunisasi TT, Anemia, Tensi dan lain-lain ini mesti disampaikan agar mereka betul-betul siap menjalani mahligai rumah tangga dan benar-benar sehat secara fisik apalagi di masa Pandemi Covid-19 ini”,tegas Setiyo Rini. (Sukran/Popi )

Bagikan :