Kasubbag TU Paparkan Moderasi Beragama di Rakor FKUB

Kasubbag TU Paparkan Moderasi Beragama di Rakor FKUB

Mukomuko (Humas) - Bertempat di ruang kerja Wakil Bupati Mukomuko, rapat koordinasi pengurus dan dewan penasehat FKUB digelar. Rapat koordinasi yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Mukomuko tersebut dihadiri oleh Kepala Kemenag, Dandim, Kapolres, Kepala Kesbangpol, Kabag Kesra dan Ketua FKUB beserta pengurus. Dalam arahannya Wakil Bupati Mukomuko, Wasri, menekankan tentang urgensi kerukunan umat beragama.

“Setiap umat harus mempunyai komitmen yang sama yaitu saling bersinergi untuk merawat kerukunan agar kedepan umat beragama di Kabupaten Mukomuko senantiasa dalam kedamaian dan dapat hidup saling berdampingan,” jelas Wasri.

Wasri mengakhiri arahan dengan pesan agar rapat koordinasi dapat menghasilkan formula baru dalam mendeteksi secara dini potensi negatif yang dapat mencederai semangat kerukunan.

Kasubbag TU Kemenag Kabupaten Mukomuko, Darmanto, yang hadir mewakili Kepala Kemenag, secara khusus menyampaikan paparan terkait moderasi beragama yang saat ini sedang digaungkan oleh Kemenag RI.

“Bahwa perbedaan di Negara kita adalah sebuah keniscayaan, berawal dari kesadaran krusial tersebutlah maka Kemenag menggulirkan program moderasi beragama, dimana kita ingin setia umat beragama dapat memahami dan mengamalkan ajaran agamanya secara adil dan berimbang sehingga tidak berfikir dan bertindak secara ekstrem,” papar Darmanto mengawali.

Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa sebagai mitra dekat FKUB, Kemenag sangat konsen dalam upaya merawat kerukunan di tengah keragaman dan mendukung secara penuh tugas dan fungsi FKUB.

“Dalam konteks moderasi beragama inilah dalam waktu dekat Kemenag akan melaksanakan giat terpadu bersama FKUB,” jelas Darmanto menambahkan.

Rapat koordinasi diakhiri dengan sesi foto bersama dan ramah tamah setelah setiap peserta rapat diberi kesempatan untuk menyampaikan gagasan dan pendapatnya masing-masing.(ts*)

Bagikan :