Jelang Akhir tahun Ajaran 2020/2021, MAN 2 Kota Bengkulu Laksanakan PAT

Jelang Akhir tahun Ajaran 2020/2021, MAN 2 Kota Bengkulu Laksanakan PAT

Kota Bengkulu (Humas)- Madrasah Aliyah Negeri (MAN) 2 Kota Bengkulu mulai tanggal 24 April sampai dengan 3 Juni 2021 melaksanakan agenda kegiatan Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2020/2021. Walaupun dilaksanakan dimasa tanggap darurat covid-19, siswa siswi MAN 2 Kota Bengkulu tetap bersemangat untuk melaksanakan PAT.

Berbeda dengan pelaksanaan ujian semester ganjil lalu dimana siswa diizinkan untuk mengikuti ujian di madrasah dengan tetap menerapkan prokes, PAT tahun ini dilaksanakan secara daring atau menggunakan aplikasi belajar digital.  Platform yang digunakan adalah googleform yang bisa diakses oleh siswa lewat HP/PC/Laptop dari rumah. Dalam prosesnya, Siswa mendapatkan link soal dari wali kelas masing-masing, dan wali kelas mendapatkan link dari panitia ujian.

Kepala MAN 2 Kota Bengkulu, Karmila, M.Pd mengungkapkan bahwa MAN  2 Kota Bengkulu sudah terbiasa dengan pembelajaran dan penilaian secara daring yang memerlukan koordinasi, pengaturan dan membutuhkan perangkat koneksi Internet, disamping dukungan semua guru dan pegawai terkait serta partisipasi aktif dari siswa dan orang tua.

Ditempat terpisah, Wakil Kepala Madrasah bidang Akademik/Kurikulum, Bambang Haryanto, S.Pd, melaporkan bahwa antusiasme para siswa mengikuti PAT Daring/Online sangat tinggi. “Prosentase  keikutsertaan siswa mencapai 100 % yakni 560 siswa terdiri 280 siswa kelas X (sepuluh) dan 280 siswa kelas XI (Sebelas). Sedangkan bagi siswa yang tidak punya perangkat HP/PC/Laptop diberi kesempatan menggunakan laboratorium komputer, dan jumlahnya pun sangat sedikit, hanya 0.9,%” ,ungkap Bambang.

Humas MAN 2 Kota Bengkulu, Herwin Cahyadi, M.Pd menyampaikan,  dimasa pandemi covid-19 saat ini, PAT tidak memungkinkan untuk dilaksanakan secara langsung atau tatap muka. Hal ini dikarenakan terdapat peraturan dan protokol Kesehatan yang telah ditetapkan oleh Pemerintah.  Meskipun demikian PAT harus tetap dijalankan sebagai salah satu pertimbangan pada saat kenaikan kelas nantinya. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol Kesehatan.  Semoga sampai dengan hari terakhir tidak ada kendala dan semua siswa bisa  mengikuti PAT dengan baik. (Herwin/Rozi)

Bagikan :