Arah Kiblat Mushola MAN Bengkulu Selatan Diukur Kembali

Arah Kiblat Mushola MAN Bengkulu Selatan Diukur Kembali

Bengkulu Selatan (Humas) – Sehubungan dengan akan dilaksanakannya pembangunan tempat Ibadah/Mushola Madrasah Aliyah Negeri Bengkulu Selatan, Kasi Penyelenggara Syariah Elyasmadi, SH beserta tim langsung melakukan pengukuran kiblat kembali musholah tersebut pada Selasa (18/5).

Saefudin Zuhri selaku Kepala MAN Bengkulu Selatan beberapa waktu lalu telah mengirimkan surat resmi ke Kantor Kementerian Agama Bengkulu Selatan untuk melakukan pengukuran arah kiblat tersebut. “Sebelumnya mushola MAN BS berada di depan, dan sekarang dirubah posisinya kemudian dibangun ulang. Oleh karena itu perlu untuk diukur arah kiblatnya kembali”,ujar Saefudin

Pengukuran disaksikan langsung oleh kepala MAN Bs dan beberapa guru. Pengukuran diawali dengan menentukan berapa titik koordinat awal lokasi Musholah itu sendiri, kemudian ditentukan kearah Ka’bah. Pengukuran arah kiblat seperti ini sangat penting dilakukan, sebab pergeseran sebesar 1° saja maka akan terjadi pergeseran sekitar 145 km dari Ka’bah.

Kasi Penyelenggara Syariah Elyasmadi, SH menjelaskan memang ada sedikit pergeseran arah dari mushola sebelumnya, namun sudah diukur ulang dan didapatkan arah yang tepat. “Dengan pengukuran ini diharapkan arah kiblat bisa tepat, karena jadi acuan bagi pihak madrasah dan untuk memberi kenyamanan dalam menjalankan ibadahnya. Mengetahui arah kiblat menjadi bagian penting dalam ibadah shalat”,tambah Elyasmadi. (Eka)

Bagikan :