Terpilih Sebagai Madrasah Riset, MTsN 1 Seluma Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Peserta Didik

Terpilih Sebagai Madrasah Riset, MTsN 1 Seluma Gelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah bagi Peserta Didik

Dalam rangka membekali dan mengenalkan peserta didiknya tentang dunia riset atau penelitian, MTs Negeri 1 Seluma menggelar Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah Remaja (KIR) selama dua hari. Kegiatan ini difokuskan pada siswa kelas 7 dan 8 saja. Adapun pelaksanaannya dilalukan secara klasikal dengan dibagi menjadi dua kelompok/kelas. Bertempat di Musholla Madrasah dan kelas 7, acara dimulai sejak pukul 08.30 pada Senin, (3/5/2021).

Kegiatan ini merupakan salah satu program pasca MTsN 1 Seluma ditetapkan sebagai salah satu madrasah riset di Provinsi Bengkulu. Pendalaman riset juga nantinya akan dimasukkan dalam mapel Mulok bagi seluruh siswa MTsN 1 Seluma.

Bertindak selaku pemateri pada kegiatan tersebut adalah Dina Permata Sari, S.Pd., dan M. Daim Lubis, S.Pd. Sedangkan untuk materi yang disampaikan berkaitan dengan Pengertian Riset, Penelitian dan karya tulis ilmiah, Urgensi Penelitian, Macam-macam penelitian dan Sistematika penyusunan karya tulis ilmiah. Pemateri juga memaparkan materi terkait dengan jenis penelitian, ruang lingkup penelitian dan tahapan-tahapan penelitian ilmiah.

Kepala Madrasah Emi Sudarmi, M.Pd.I, menyampaikan bahwa penyelenggaraan madrasah riset di MTs Negeri 1 Seluma ini adalah yang pertama kalinya. Karena itu beliau berharap dengan adanya pelatihan ini nantinya dapat memberikan bimbingan kepada siswa madrasah untuk dapat melakukan sebuah penelitian.

"Harapannya output dari kegiatan ini nantinya siswa dapat memahami bagaimana prosedur dan cara membuat karya ilmiah yang baik. Targetnya jelas kita siap berkompetisi pada ajang MYRES," tambahnya. (HW)

Bagikan :